NASIONAL

Komnas PA Awasi Masa Orientasi Siswa di Sekolah

"Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengawasi langsung Masa Orientasi Siswa (MOS) di sejumlah sekolah di Jabodetabek."

Danu Mahardika

Komnas PA Awasi Masa Orientasi Siswa di Sekolah
MOS, komnas PA, bullying

KBR68H, Jakarta- Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengawasi langsung Masa Orientasi Siswa (MOS) di sejumlah sekolah di Jabodetabek. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan sekolah yang dipantau adalah sekolah-sekolah yang memiliki rekam jejak kurang baik terkait kekerasan pada siswa dalam MOS. Sebanyak 60 personil diturunkan untuk memantau langsung proses ini.

"Penentuannya adalah sekolah-sekolah yang track recordnya pada 2012-2013 yang sering tawuran misalnya. Itu kriteria-kriterianya, sering tawuran. Lalu kemudian pada tahun lalu juga melakukan MOS yang berorientasi pada kekerasan. Itu kriteria-kriteria yang dipantau," terang Arist kepada KBR68H, Selasa (16/7)

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menambahkan pengawasan dilakukan mulai Senin dan akan berakhir pada Kamis, besok. Evaluasi sekolah akan dilakukan setelah proses pemantauan berakhir. Setelah itu pihaknya akan berkordinasi dengan pihak terkait serta mengeluarkan rekomendasi tertentu jika ada sekolah yang dinilai menerapkan kekerasan dalam MOS.

Editor: Suryawijayanti 

  • MOS
  • komnas PA
  • bullying

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!