NASIONAL

Kementan: Kemarau Basah Ganggu Swasembada Kedelai

Kementan: Kemarau Basah Ganggu Swasembada Kedelai

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pertanian memperkirakan program swasembada kedelai tahun ini akan terganggu iklim kemarau basah. Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Erma Budiyanto mengatakan, selain kedelai, komoditas yang bakal terganggu adalah palawija dan produk hortikultura. Kementerian Pertanian sudah memberikan surat edaran kepada kepala daerah untuk mewaspadai masalah kemarau basah.

“Biasanya tidak menanam palawija, kami punya program untuk swasembada kedelai kemungkinan akan terganggu. Saya kira nanti lihat daerah-daerah seperti tadah hujan dan lahan kering yang masih bisa kita untuk menanam kedelai, tetapi kalau di sawah saya kira jangan dululah,” ucap Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Erma Budiyanto dalam program perbincangan Sarapan Pagi KBR68H.

Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Erma Budiyanto menambahkan, Indonesia pernah mengalami iklim kemarau basah pada tahun 2010 yang mengakibatkan masalah pada komoditas palawija. Untuk mencegah dampak lebih luas, Kementerian Pertanian melakukan pengawasan ketat untuk menekan hama susulan yang dapat merusak tanaman lain.

Editor: Suryawijayanti 

  • kemarau basah
  • swasembada kedelai

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!