Bagikan:

Hari ini, Ribuan Ton Bawang Merah Sampai di Indonesia

KBR68H, Jakarta

NASIONAL

Selasa, 23 Jul 2013 21:37 WIB

Hari ini, Ribuan Ton Bawang Merah Sampai di Indonesia

bawang merah, impor, protes petani, portalkbr.com


KBR68H, Jakarta – Hari ini sekira 1600 ton lebih Bawang Merah sudah masuk ke Indonesia. Jumlah ini merupakan bagian dari rencana pemerintah yang akan mengimpor 16 ribu ton Bawang Merah untuk menekan harga menjelang lebaran. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengatakan, jumlah Bawang Merah ini datang secara bertahap hingga 25 Agustus mencapai 4100an ton . Dia mengklaim stok Bawang Merah aman hingga lebaran.

“ Bergelombang, dari tanggal 14 Sementara itu, 25 Juli nanti sekitar 1000 hektar akan panen menghasilkan 15 ribu ton Bawang Merah. Jadi stoknya untuk lebaran memenuhi pasar,” ujar Bachrul Cahairi saat dihubungi KBR68H.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi menambahkan Bawang Merah impor ini berasal dari Thailand dan Vietnam. (Baca: Tunda Rencana Impor Bawang Merah)

Kebijakan impor bawang merah dinilai merugikan pedagang pasar. Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) Ngadiran menuturkan, pemerintah lebih mementingkan importir-importir kelas kakap ketimbang pedagang dalam negeri. Seharusnya kata dia, impor bawang dapat dihentikan pada waktu petani lokal panen bawang.


"Yang jelas kartel ini sudah terlalu meraja lela. Pengusaha hitam sudah terlalu meraja lela. Kan selama ini yang memainkan harga itu para importir. Saya juga kan sudah lebih dari dua mingguan berbicara kepada media massa (agar pemerintah mengevaluasi kebijakan impor-red). Kalau mereka tetap nekat, saya khawatir masyarakat akan marah," katanya saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, para petani bawang merah di Indonesia mendesak pemerintah menunda rencana impor 16 ribu ton bawang merah dalam waktu dekat ini. Sebab impor ribuan ton bawang merah itu membuat harga bawang di pasaran anjlok.(Baca: Impor Cabai dan Bawang Dilakukan Juli Hingga Desember)

Editor: Nanda Hidayat

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?