NASIONAL

Cabai Melonjak, Pemerintah Harus Cek Harga Impornya

"Pemerintah diminta segera mengecek harga cabai impor dari negara asalnya. Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, Ngadiran mengatakan, pengecekan itu dilakukan untuk menekan lonjakan harga cabai di pasaran."

Cabai Melonjak, Pemerintah Harus Cek Harga Impornya
harga cabai, mahal, mentan

KBR68H, Jakarta - Pemerintah diminta segera mengecek harga cabai impor dari negara asalnya. Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, Ngadiran mengatakan, pengecekan itu dilakukan untuk menekan lonjakan harga cabai di pasaran.

Kata dia, jika diketahui harga awalnya, maka pemerintah bisa membuat standar harga cabai. Sehingga, pedagang cabai tidak bisa menaikan harga secara sepihak.

"Saya selalu berpesan. Sebenarnya impornya itu harga berapa di negara asalnya sana. Apakah Rp 11.000 atau Rp 12.000. Kemudian ongkosnya berapa, susutnya berapa, mau cari untung berapa. Musti di sana ditulis. Bahwa ini cabai dijual harga eceran tertinggi harga sekian. Kalau tidak dijual segitu berarti siapa yang menikmati keuntungan itu," ujar Ngadiran dalam program Sarapan Pagi KBR68H.

Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia Ngadiran menambahkan, pemerintah harus berani mengendalikan harga.

Dua hari menjelang Ramadhan, hampir semua harga sembilan bahan pokok (sembako), khususnya cabai meroket hingga 100 persen. Pantauan di Pasar Jati negara hari ini, harga cabai melonjak hingga dua kali lipat. Harga cabai merah yang sebelumnya hanya Rp 40 ribu per kilogram, kini merangkak naik menjadi Rp 80 ribu per kilogram.

Editor: Antonius Eko

  • harga cabai
  • mahal
  • mentan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!