NASIONAL

Biaya Pemilu 2014 Dua Kali Lipat Pemilu 2009

Biaya Pemilu 2014 Dua Kali Lipat Pemilu 2009

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilhan Umum KPU bersikeras meminta dana penyelenggaraan Pemilihan Umum 2014 sebesar Rp 16 triliun. Padahal sebagian analis kebijakan publik dan politik khawatir penyelenggaraan Pemilu yang menelan dana besar itu tak dibarengi tata kelola yang transparan dan akuntabel.

Namun Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah optimistis anggaran itu akan disetujui DPR. Sampai saat ini rincian penggunaan dana itu masih dibahas di internal KPU.

“Setelah anggaran kita singkronisasi dan kita teliti betul. Misalnya sesuai atau tidaknya, maka anggaran tersebut nanti kita akan informasikan kepada DPR dan Bappenas untuk menjadi anggaran terkait 2014 untuk disahkan. Kan ada pagu indikatifnya sudah ada. Pagu sementara sedang dikelola, pagu definitif itu menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaan 2014," kata Ferry.

Anggaran Pemilu ini sebagian sudah dialokasikan di APBN 2013 bebesar Rp 8,1 triliun. Sementara sisanya akan dianggarkan di APBN 2014. Dana pemilu ini memang tercatat hampir dua kali lipat di banding tahun 2009. Pemilu 2009 kocek uang rakyat untuk membiayai pemilu hanya Rp 8,5 triliun.

Editor: Anto Sidharta

  • Biaya Pemilu 2014
  • Pemilu 2009

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!