Bagikan:

Vaksinasi PMK, Kementan Siapkan 18 Ribu Petugas

Setiap tim vaksinator beranggotakan 3-5 orang petugas yang terdiri dari dokter hewan sebagai ketua tim dan paramedis sebagai pelaksana vaksinasi dan pencatat data atau data encoder.

NASIONAL

Senin, 20 Jun 2022 19:50 WIB

Vaksinasi PMK, Kementan Siapkan 18 Ribu Petugas

Mencegah PMK, petugas menyuntikan antibiotik ke hewan ternak di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (20/5/2022). (Antara-Umarul)

KBR, Semarang - Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan puluhan ribu petugas untuk vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Juru Bicara Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, para vaksinator telah melalui serangkaian pelatihan.

“Untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi PMK, kami telah melaksanakan program ToT dan bimtek, dan saat ini telah siap 18.407 petugas vaksin di 19 provinsi yang tertular PMK,” kata Kuntoro dalam konferensi pers, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Vaksinasi PMK, Fokus Ternak Sehat di Zona Merah dan Kuning

“Setiap tim vaksinator beranggotakan 3-5 orang petugas yang terdiri dari dokter hewan sebagai ketua tim dan paramedis sebagai pelaksana vaksinasi dan pencatat data atau data encoder," tambahnya.

Kuntoro menambahkan, Kementan bekerja sama dengan petugas pusat kesehatan hewan (puskeswan), dokter hewan, paramedis, serta mahasiswa kedokteran hewan dalam melaksanakan vaksinasi PMK massal.

Sejauh ini, Kementan telah melakukan vaksinasi PMK di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Cakupan vaksinasi sudah mencapai seribuan ternak.

“Kami laporkan sampai dengan saat ini, pukul 14:20 WIB, vaksinasi PMK di Jawa Timur dan Jawa Tengah dilaporkan mencapai 1.519 ekor ternak yang telah divaksin, dan data ini akan terus bertambah," paparnya.

Baca juga: Ombudsman Duga Pemerintah Lalai Tangani PMK

"Sementara itu, vaksinasi massal di Jawa Barat juga telah dimulai hari ini di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, dan secara paralel akan diikuti oleh provinsi-provinsi dan kabupaten-kabupaten lainnya,” jelasnya.

Vaksinasi massal akan digelar hingga mencapai kekebalan komunal pada hewan yakni 80 persen dari populasi.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif