Bagikan:

Tiket Borobudur Rp750 Ribu, Genpi: Minim Sosialisasi

"Saya rasa dengan Rp750 ribu ini, banyak yang akan merasa terbebani keberatan dan padahal mereka belum berkunjung ke Borobudur,"

NASIONAL

Senin, 06 Jun 2022 11:06 WIB

Peringatan Hari Pancasila, pembentangan bendera merah putih di Candi Borobudur Magelang, Jateng, Rab

Ilustrasi: Peringatan Hari Pancasila, pembentangan bendera merah putih di Candi Borobudur Magelang, Jateng, Rabu (1/6/22). (Antara/Anis Efizudin)

KBR, Jakarta-   Generasi Pesona Indonesia (Genpi)  menilai, kenaikan tiket masuk wisata Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu per pengunjung minim sosialisasi hasil kajian. Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi), Siti Chodijah mengatakan,  biaya sebesar itu kelewat mahal jika dikaitkan dengan destinasi wisata umum yang melibatkan masyarakat luas dan banyak.

"Tentu hal ini sangat mengagetkan bagi Insan pariwisata, karena bagi kami itu agak minim sosialisasi begitu lalu tidak diawali dulu dengan sosialisasi hasil kajian. Ini kan pemerintah memiliki alasan untuk menaikkan sedemikian rupa, lalu membatasi jumlah kunjungan satu harinya maksimal 1.200 orang. Kalau dilihat dari angka dan juga kita sejajarkan dengan mayoritas masyarakat Indonesia, tentu harga ini dinilai mahal," ujar Siti saat dihubungi KBR, Minggu (5/6/2022).

Ketua komunitas yang terdiri dari netizen yang memiliki ketertarikan pada pariwisata itu mengatakan, selama ini Candi Borobudur menjadi tujuan pariwisata untuk masyarakat luas dan banyak   bukan destinasi khusus. 

Pemerintah, kata dia, semestinya bisa memberikan sosialisasi yang lebih komprehensif, sebelum mengumumkan kenaikan tiket masuk ke situs Candi Budha terbesar di dunia tersebut.

"Ini world heritage, jadi kalau kita padankan dengan pelestarian itu sebenarnya tidak ada kata mahal untuk pelestarian dengan catatan ini untuk konservasi. Tetapi untuk mengakomodir masyarakat, inilah yang dibutuhkan solusi. Saya rasa dengan Rp750 ribu ini, banyak yang akan merasa terbebani keberatan dan padahal mereka belum berkunjung ke Borobudur," tuturnya.

Baca juga:

Bebas Karantina dan Visa Kunjungan Tingkatkan Minat Wisatawan Asing

Resmikan Taman Wisata dan Kuliner Kupang, Jokowi: Habis Banyak


Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan alasan tiket masuk Candi Borobudur, Magelang, dinaikkan bagi turis lokal dan mancanegara.

Menurutnya, kenaikan tersebut untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara. Pengunjung harus menggunakan pemandu wisata dari warga lokal setempat bertujuan untuk menyerap lapangan kerja baru serta menumbuhkan rasa memiliki terhadap Candi Borobudur.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," kata Luhut di Instagram Pribadinya.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending