Bagikan:

Survei Terkini, Ini Penyebab Elektabilitas Ganjar Tertinggi

"Ganjar Pranowo ada di angka 36,5 persen, Prabowo Subianto tetap ada di peringkat kedua dengan 26,7 persen, dan Anies Baswedan berada di angka 24,9 persen,"

NASIONAL

Selasa, 14 Jun 2022 08:21 WIB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  saat peluncuran Program Desa Antikorupsi di Desa Pakkatto, Kabupaten

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat peluncuran Program Desa Antikorupsi di Desa Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (7/6/2022). (Antara/Abriawan Abhe)

KBR,Jakarta-  Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei calon presiden (Capres) 2024 dengan elektabilitas tertinggi pasca rapat kerja nasional (Rakernas) Pro Jokowi (Projo). 

Kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam rilis survei Senin (13/6/2022), elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, semakin terkerek naik mengungguli dua kandidat kuat lainnya. Yakni, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Ketika kita simulasikan tiga nama, Ganjar Pranowo ada di angka 36,5 persen, Prabowo Subianto tetap ada di peringkat kedua dengan 26,7 persen, dan Anies Baswedan berada di angka 24,9 persen, Jadi gap-nya melonjak hampir 10 persen atau di angka 9,8 persen, dan angka tidak menjawab 11,9 persen," ucap Yunarto dalam Rilis Charta Politika secara daring, Senin (13/6/2022).

Yunarto mengatakan, hadirnya Presiden Joko Widodo dalam rakernas Projo sangat berpengaruh terhadap naiknya elektabilitas Ganjar. Menurutnya, Presiden Jokowi yang ikut angkat suara soal pilpres 2024, secara tidak langsung memunculkan spekulasi di masyarakat.

Baca juga:

Survei LSI: Intoleransi di Era Jokowi Masih Tinggi

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2021 Naik Satu Peringkat. Apa Penyebabnya?


Sementara itu, untuk elektabilitas calon wakil presiden (Cawapres) 2024, menguat pada tiga nama, yakni Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir.

Yunarto menambahkan, bahwa Menparekraf Sandiaga Uno memiliki elektabilitas di angka 27,6 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di angka 16,5 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir di angka 9,8 persen.

Survei Charta Politika digelar selama 25 Mei sampai 2 Juni 2022. Survei ini menggunakan wawancara tatap muka terhadap responden berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Survei menggunakan metode multistage random sampling dan margin of error 2,83 persen.

 

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio