Bagikan:

PMK Meluas, Pemerintah Batasi Mobilitas Hewan Ternak

Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38 persen.

NASIONAL

Kamis, 23 Jun 2022 17:18 WIB

Author

Heru Haetami

PMK Meluas, Pemerintah Batasi Mobilitas Hewan Ternak

Irjen Kementan Jan Samuel Maringka (kanan) meninjau sapi-sapi saat pelepasan pengiriman hewan kurban di NTT, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Kornelis

KBR, Jakarta - Pemerintah akan melakukan pembatasan berbasis mikro terhadap mobilitas hewan ternak. Pembatasan akan dilakukan di daerah yang terdampak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau daerah zona merah.

Itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, usai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/06/2022).

“Untuk daerah berbasis level mikro, seperti di penanganan COVID-19 di PPKM, ini akan diberikan larangan hewan hidup, dalam hal ini sapi, untuk bergerak," kata Airlangga.

"Itu di daerah level kecamatan yang terdampak penyakit kuku dan mulut atau kita sebut daerah merah. Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38 persen,” ujarnya.

Airlangga menambahkan, detail mengenai pembatasan ini akan dituangkan lebih lanjut dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Baca juga: Musnahkan Ternak Terjangkit PMK, Pemerintah Beri Ganti Rugi 10 Juta

Pemerintah juga mengintensifkan vaksinasi PMK bagi hewan ternak. Airlangga menyampaikan, pengadaan vaksin akan menggunakan anggaran Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Disetujui untuk pengadaan vaksin yang khusus untuk tahun ini, itu sekitar 29 juta dosis dan seluruhnya akan dibiayai dengan dana dari KPCPEN,” jelas Airlangga.

Selain vaksin, kata Airlangga, Presiden Jokowi juga memerintahkan jajaran terkait untuk mempersiapkan vaksinator dan obat-obatan.

Dia memastikan, pemerintah akan memperketat mekanisme penanganan hewan ternak agar virus tidak menyebar.

“Seluruh mekanisme yang harus dijaga, selain pergeseran hewan, juga kontrol terhadap mereka yang keluar masuk peternakan. Artinya, biohazard melalui desinfektan itu penting karena kita juga melihat agar carrier virus ini untuk terus dijaga.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?