Bagikan:

Kasus COVID-19 Naik, Satgas Minta Masyarakat Jangan Lengah

Ada lima provinsi yang menjadi penyumbang tertinggi pada kenaikan kasus aktif.

NASIONAL

Rabu, 08 Jun 2022 19:38 WIB

Kasus COVID-19 Naik, Satgas Minta Masyarakat Jangan Lengah

Petugas medis membantu rekannya memasang APD di RS Wisma Atlet Jakarta, (23/2/2020). Antara

KBR, Jakarta - Terjadi tren kenaikan kasus positif COVID-19 selama 3 pekan terakhir. Itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Kata dia, tren ini juga diikuti oleh kenaikan kasus aktif selama 4 hari terakhir. Sedangkan tren kematian mingguan masih menunjukkan penurunan.

Wiku memaparkan, kasus positif mingguan meningkat 31 persen dari 1.814 pada 22 Mei menjadi 2.385 kasus. Sedangkan kasus aktif harian meningkat 10 persen dari 3.105 tanggal 2 Juni menjadi 3.433 kasus.

Baca juga: Ada Potensi Lonjakan Kasus COVID-19 Pasca-Libur Lebaran

"Hal ini penting untuk diwaspadai mengingat selama kurang lebih 3 bulan berturut-turut sejak gelombang Omicron, kita berhasil mempertahankan kasus agar tetap stabil. Kabar baiknya, kenaikan kasus ini tidak diikuti dengan kenaikan pada tren BOR rumah sakit, isolasi harian, maupun tren kematian mingguan," kata Wiku dalam konferensi pers, Rabu (8/6/2022).

Wiku menambahkan, ada lima provinsi yang menjadi penyumbang tertinggi pada kenaikan kasus aktif. Yakni yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Wiku meminta kepada seluruh gubernur di lima provinsi tersebut memantau dan memitigasi kenaikan yang terjadi.

"Mohon evaluasi kebijakan dan peraturan yang berlaku apabila diperlukan," kata dia.

Baca juga:

Wiku juga meminta kepada masyarakat tidak lengah, meskipun saat ini sudah kembali beraktivitas normal.

"Virus masih ada di sekitar kita, dan dengan disiplin memakai masker, dan rajin mencuci tangan, akan sangat membantu kita terhindar dari penularan. Segera beristirahat di rumah dan periksakan diri ke dokter apabila merasa tidak enak badan maupun mengalami gejala Covid-19," imbaunya.

"Dimohon juga kepada seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi dosis ke-3 bagi yang belum, untuk semakin meningkatkan kekebalan komunitas," tambahnya.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending