NASIONAL

Jokowi Ajak Membumikan Pancasila

Presiden Jokowi memimpin upacara  Hari Kelahiran Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, NTT, Rabu (1/

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pemangku kepentingan, masyarakat hingga anak muda, untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden menyampaikan itu  saat memperingati hari Pancasila 1 Juni di Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Ini sudah dibuktikan berkali-kali, dalam perjalanan sejarah bangsa. Bahwa bangsa dan negara kita bisa berdiri kokoh, menjadi negara kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila. Tapi, saya selalu mengingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila," ujar Jokowi di Ende, NTT, Rabu (1/6/2022).

Presiden mengatakan, Pancasila bukan hanya mempersatukan bangsa dan negara tetapi juga menjadi penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Dia mendorong seluruh warga negara, untuk mewujudkan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan.

Jokowi dalam pidatonya  meminta seluruh elemen masyarakat termasuk para pejabat pemerintah pusat dan daerah untuk mengimplementasikan Pancasila dalam tata kelola pemerintahan.

Baca juga:


Sebelumnya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memusatkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini di Ende, NTT. Daerah itu dipilih karena punya rekam sejarah yang berkaitan dengan kelahiran Pancasila.

 

Editor: Rony Sitanggang

  • Presiden Jokowi
  • Pancasila
  • Bumikan Pancasila
  • ende
  • Hari Lahir Pancasila

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!