Bagikan:

Haji 2022: Banyak Laporan Jemaah Kelelahan

"Masalah yang ditangani PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram yang mayoritas disebabkan jemaah kelelahan yang berlebih sehingga terpisah dari rombongan,"

NASIONAL

Selasa, 21 Jun 2022 15:35 WIB

Haji 2022: Banyak Laporan Jemaah Kelelahan

ilustrasi jemaah yang menunaikan ibadah di Masjidil Haram

KBR, Jakarta - Kementerian Agama kembali mengingatkan jemaah calon haji Indonesia senantiasa menjaga kesehatan selama berada di Arab Saudi.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin mengungkapkan banyaknya laporan mengenai jemaah yang sakit karena memaksakan diri menunaikan ibadah salat di Masjidil Haram.

“Kami juga mendapatkan laporan bahwa sampai hari ini terdapat 164 kasus atau masalah yang ditangani PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram yang mayoritas disebabkan jemaah kelelahan yang berlebih sehingga terpisah dari rombongan, sakit, dan tidak dapat melaksanakan ibadah sebagaimana mestinya,” kata Akhmad Fauzin dalam jumpa pers “Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H”, Selasa (21/6/2022).

Akhmad Fauzin yang juga yang juga Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ini mengimbau jemaah calon haji untuk salat di mushola yang tersedia di fasilitas akomodasi saja.

"Hal ini agar jemaah dapat memanfaatkan lebih banyak waktu untuk beristirahat sembari menunggu pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Mekkah yang masih lama," katanya.

Kementerian Agama mencatat, jumlah jemaah calon haji yang sakit di Tanah Suci mencapai 108 orang. Sementara jemaah calon haji yang wafat di Tanah Suci mencapai 7 orang.

Saat ini, rata-rata suhu harian di Arab Saudi mencapai 32 hingga 46 derajat Celcius.

Lima Puluh Ribu Jemaah Calon Haji di Tanah Suci

Selain itu, Kementerian Agama melaporkan total jemaah calon haji yang telah diberangkatkan ke Arab Saudi mencapai angka lima puluh ribuan.

Per Selasa (21/6/2022), Indonesia telah memberangkatkan 4 ribu calon haji dan seribu rombongan haji khusus.

“Hari ini jemaah yang tiba di Jeddah sebanyak 4.038 orang, sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 51.987 orang. Selain itu, kami sampaikan juga data keberangkatan jemaah haji khusus yang telah tiba di Arab Saudi sampai hari ini sebanyak 1.234 orang,” jelas Akhmad Fauzin.

Ia menambahkan, saat ini masih ada 4 ribu calon haji yang menunggu jadwal keberangkatan di 10 lokasi embarkasi di Indonesia.

Berita lainnya:


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif