Bagikan:

FOMO Sapiens : Nasida Ria, Satgas Pemilu 2024, dan Perkara Kencan

Nasida Ria, Satgas Pemilu 2024, dan Perkara Kencan

NASIONAL | NUSANTARA | INTERMEZZO | RAGAM

Jumat, 24 Jun 2022 14:50 WIB

FOMO Sapiens : Nasida Ria, Satgas Pemilu 2024, dan Perkara Kencan

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Pekan ini, Ian Hugen dan Aika Renata ngobrol bareng Nasida Ria yang manggung di Jerman. Selain itu, ada juga obrolan perkara hookup culture dan Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RKUHP). Apa hubungannya?

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini. Ikuti juga obrolan seru perkara rencana Polri membentuk Satgas Nusantara untuk mencegah terjadinya polarisasi pada pemilu 2024.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Negara Ngurusin Kencan Warganya

Pengadilan Negeri Kota Surabaya, Jawa Timur mengesahkan pernikahan beda agama, melalui amar putusan yang diunggah ke situs resminya pada 20 Juni 2022. Artinya, secara konstitusional tidak ada halangan bagi pasangan beda agama menikah di Indonesia. Tapi praktik di lapangan yang membuatnya jadi sesuatu yang sulit. Ini memancing perbincangan publik soal intervensi negara dalam ranah privat.

Contoh lain terlihat dalam draf terakhir Rancangan Undang-Undang Kitab Hukum Pidana (RKUHP), dimana kumpul kebo pun terancam pidana 6 bulan kurungan. Padahal, hubungan sosial semakin dinamis seiring perkembangan zaman, semisal kemunculan hookup culture. Apa itu akan diurus negara juga?

Baca juga : AJI: Banyak Pasal di RKUHP Berpotensi Ancam Kerja Jurnalistik

2. Tentang Pemilu yang Bikin Parno

Polri membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nusantara di Pemilu serentak tahun 2024 guna mencegah hoaks dan politik identitas. Berdasarkan pengalaman Pemilu 2019 lalu, Polri menilai politik identitas, hoaks, hingga ujaran kebencian menjadi penyebab utama perpecahan di masyarakat. Satgas tersebut nantinya akan melaksanakan kegiatan sosialisasi serta edukasi literasi kepada masyarakat.

Baca juga : Cegah Narasi Provokasi saat Pemilu, Dewan Pers: Kembangkan Jurnalisme Positif

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending