Bagikan:

Cuaca Ekstrem, Jemaah Calon Haji Indonesia Sakit di Arab Saudi Bertambah

"Jangan menunggu haus untuk minum. Sekali lagi, jangan menunggu haus untuk minum. Menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup"

NASIONAL

Jumat, 17 Jun 2022 16:58 WIB

Cuaca Ekstrem, Jemaah Calon Haji Indonesia Sakit di Arab Saudi Bertambah

Ilustrasi jemaah haji asal Indonesia. (Foto: Kemenag.go.id/MCH 2022)

KBR, Jakarta - Kementerian Agama melaporkan jumlah jemaah calon haji yang sakit di Arab Saudi mencapai 77 orang. Dari jumlah itu, Saat ini, jumlah 62 di antaranya menjalani rawat jalan, 14 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dan 1 orang dirawat di rumah sakit di Kota Medinah.

Menurut Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag, Akhmad Fauzin, banyaknya jemaah calon haji yang sakit ini, salah satunya imbas kondisi cuaca di Arab Saudi cukup ekstrem, dengan rata-rata suhu harian 41 hingga 45 derajat celcius.

"Kami selalu mengimbau kepada jemaah haji Indonesia membatasi aktivitas di luar ruangan. Jangan menunggu haus untuk minum. Sekali lagi, jangan menunggu haus untuk minum. Menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup. Selain itu, kami perlu sampaikan agar jemaah tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan, terutama ketika di masjid. Baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram,” tutur Akhmad Fauzin dalam jumpa pers “Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H”, Jumat (17/6/2022).

Akhmad Fauzin juga meminta petugas haji tegas mengingatkan para jemaah untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, Kemenag juga melaporkan 5 jemaah calon haji yang meninggal di Tanah Suci.

"Sesuai janji yang telah disampaikan sejak awal masa operasional ibadah haji, pemerintah akan membadalkan jemaah yang wafat sebelum menyelesaikan rangkaian ibadah hajinya," katanya.

Puluhan Ribu Jemaah Calon Indonesia Tiba di Arab Saudi

Kementerian Agama juga mencatat, sejauh ini ada lebih dari 36 ribu calon jemaah haji Indonesia yang tiba di Kota Madinah, dan 11 ribu yang sampai di Kota Mekkah. Sementara itu, masih ada 4 ribu lainnya yang menunggu jadwal keberangkatan di 8 lokasi embarkasi di Indonesia. Antara lain Banjarmasin, Batam, Aceh, Jakarta, Medan, Solo, Surabaya, dan Ujung Pandang.

“Hari ini, jemaah yang tiba di Madinah sebanyak 4.045 orang, sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 36.797 orang. Sementara itu, jemaah yang telah diberangkatkan ke Makkatul Mukarramah sampai saat ini sebanyak 29 kelompok terbang dengan jumlah 11.473 orang,” pungkas Akhmad Fauzin.

Pilihan redaksi:


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio