Bagikan:

Calon Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Pesawat

Calon jemaah itu meninggal sesaat menjelang pesawat mendarat.

NASIONAL

Rabu, 15 Jun 2022 16:24 WIB

Calon Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Pesawat

Calon jemaah haji memasuki pesawat di Bandara Minangkabau, Sumatra Barat, Sabtu (4/6/2022). Antara-Iggoy

KBR, Jakarta - Seorang calon jemaah haji asal Aceh meninggal dalam penerbangan menuju Madinah, Rabu pagi tadi. Calon jemaah itu meninggal sesaat menjelang pesawat mendarat.

"Jemaah haji atas nama Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dalam pesawat, 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal, Rabu (15/6/2022), dikutip dari ANTARA.

Iqbal mengatakan, calon jemaah haji berusia 51 tahun itu memiliki diagnosa penyakit asam lambung.

Sementara itu, Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin menyampaikan, ada tiga calon jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Arab Saudi.

"Jemaah haji sakit sebanyak 60 orang. Sebanyak 48 orang rawat jalan, 11 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, dan satu orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, An-Nur, Mekah. Jemaah wafat sebanyak 3 orang," kata Akhmad dalam konferensi pers hari ini (15/06/22).

29 Ribu Jemaah Tiba

Calon jemaah haji Indonesia yang telah tiba di tanah suci saat ini berjumlah lebih dari 29 ribu orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pemberangkatan awal sejak 4 Juni lalu.

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, Kemenkes Minta Jemaah Banyak Minum Air Putih

"Hari ini jemaah yang tiba di Madinah sebanyak 3.607 orang. Sehingga total jamaah yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 29.539 orang. Sementara itu jemaah yang telah diberangkatkan ke Makkatul Mukarromah sampai saat ini sebanyak 15 kelompok terbang dengan jumlah 5.918 orang," kata Akhmad.

Akhmad mengatakan, hari ini Indonesia memberangkatkan sebanyak 10 kelompok terbang dari 7 embarkasi.

"Yaitu Banjarmasin, Batam, Aceh, Jakarta (Garuda Indonesia), Jakarta (Saudi Arabia), Medan, dan Solo. Dengan jumlah sebanyak 3.922 orang," lanjutnya.

Data tersebut merupakan data terbaru per hari ini, berdasarkan laporan PPIH embarkasi dan kedatangan jemaah berdasarkan laporan harian PPIH Arab Saudi.

Akhmad mengatakan selama menjalani ibadah di Arab Saudi, jamaah haji mendapatkan layanan konsumsi berupa konsumsi tiga kali sehari dari pemerintah.

"Dengan hitungan sebanyak 75 kali makan selama 25 hari. Setiap makanan didistribusikan ke setiap akomodasi haji sebelum waktu makan tiba. Menu makanan bervariasi setiap harinya," ucapnya.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

RAPBN 2023, Penanganan Pandemi Tak Lagi Jadi Prioritas?

Most Popular / Trending