NASIONAL

5 Ribu Calon Jemaah Haji 2022 Diberangkatkan, Jemaah Wafat Akan Dibadalkan

Jemaah haji 2022

KBR, Semarang - Kementerian Agama memaparkan jumlah calon jemaah haji yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah Arab Saudi sebanyak 5 ribu orang.

Juru bicara Kemenag, Akhmad Fauzin menyatakan rombongan calon jemaah haji beserta petugas dari 5 embarkasi telah diberangkatkan pada hari pertama, Sabtu (4/6/2022).

"Sampai hari ini, jumlah yang telah diberangkatkan sebanyak 15 kloter atau kelompok terbang, dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 5.920 orang," kata Akhmad Fauzin dalam jumpa pers Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H, Senin (6/6/2022).

Akhmad Fauzin menuturkan para jamaah yang telah berangkat berasal dari 5 embarkasi, yaitu Jakarta (Pondok Gede), Bekasi, Solo, Padang, dan Surabaya.

Kemenag juga mengimbau agar para jamaah, baik yang telah sampai di Arab Saudi maupun yang masih berada di Indonesia, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun penyebaran COVID-19 saat ini tergolong rendah.

Kemenag meminta para jemaah senantiasa memakai masker saat berkumpul di dalam ruangan, serta istirahat dan minum air putih yang cukup.

Baca juga:


Dibadalkan

Kementerian Agama RI memastikan seluruh jemaah haji yang wafat di Arab Saudi akan mendapatkan badal haji, atau petugas untuk menggantikan pelaksanaan ibadah haji hingga selesai.

Juru bicara Kemenag, Akhmad Fauzin menyatakan pemerintah akan memberikan informasi mengenai jamaah yang wafat di Tanah Suci yang telah memiliki Sertifikat Kematian dari otoritas yang berwajib.

"Terkait dengan data jamaah wafat, perlu kami sampaikan pemerintah selalu akan merilis jamaah wafat yang telah keluar COD-nya atau Certificate of Death. Seluruh jamaah yang wafat di Arab Saudi akan dibadalhajikan,” kata Akhmad Fauzin.

Akhmad Fauzin menambahkan sejauh ini satu orang jamaah yang wafat di Arab Saudi, atas nama Suhati Rahmat Ali binti H. Rahmat (64).

Rombongan haji Indonesia yang saat ini telah sampai di Arab Saudi berjumlah 15 kloter atau sekitar 5 ribu orang. Hingga Senin (6/6/2022), masih ada 2 ribu lainnya yang menunggu jadwal keberangkatan di 4 embarkasi, yaitu Jakarta (Pondok Gede), Solo, Padang, dan Surabaya.

Editor: Agus Luqman

  • jemaah haji 2022
  • Kementerian Agama
  • ibadah haji
  • Arab Saudi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!