covid-19

Tinjau Proyek LRT, Jokowi Targetkan Beroperasi Juni Tahun Depan

"Kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 09 Jun 2021 10:12 WIB

Tinjau Proyek LRT, Jokowi Targetkan Beroperasi Juni Tahun Depan

Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Jalan Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (1/5/2021). (Antara/ Reno Esnir)

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) beroperasi pada Juni 2022. Jokowi memastikan sejumlah proses uji coba terus dilakukan hingga April tahun depan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau mega proyek LRT Jabodebek, dengan didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya.


"Pagi hari ini saya berkunjung untuk melihat progress perkembangan pembangunan LRT Jabodebek. Sudah selesai kurang lebih 84,7 persen progress pembangunanya dan kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai uji coba dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022," ujar Jokowi usai Meninjau LRT Jabodebek, Rabu (9/6/2021).

Jokowo mengatakan LRT Jabodebek 100 persen dikerjakan oleh PT INKA dan akan dioperasikan oleh PT KAI. Sementara itu, pembangunan konstruksi dilakukan oleh PT Adhi Karya.

Menurutnya, pengalaman dari BUMN pembangunan sangat dibutuhkan, agar mega proyek ini bisa selesai dan berjalan lancar.

"Sekarang kan kita sudah ekspor kereta ke Bangladesh, Filipina, dan kita harapkan LRT juga akan seperti itu. Tadi kita mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat dikatakan tanpa suara, nyaman sekali," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi menginginkan agar transprotasi massal yang terintegrasi, antara LRT, MRT, kereta bandara, bus transjakarta dan transportasi umum lainnya. Menurutnya, efisiensi bepergian dari satu titik ke titik yang lain diperlukan bagi masyarakat.

"Kita harapkan setelah ini selesai dan akan masuk kepada titik-titik yang lain," pungkasnya.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10