BERITA

Ledakan Covid-19 di Kudus dan Bangkalan, Kemenkes Percepat Vaksinasi

""Untuk vaksinasi, ini di sisi hulu, di Kudus kita sudah drop 50 ribu, supaya bisa segera disuntikan. Di Bangkalan juga akan segera kita drop 50 ribu, untuk mengurangi penularan," "

Resky Novianto

Ledakan Covid-19 di Kudus dan Bangkalan, Kemenkes Percepat Vaksinasi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) saat meninjau penanganan COVID-19 di rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Kudus. (Foto: Antara/Yusuf Nugroho)

KBR, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah tengah berupaya menekan laju penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Budi mengatakan, Satgas Covid-19 mencatat kenaikan kasus positif Covid-19 di Kudus dan Bangkalan yang meningkat tajam, dua pekan terakhir.

Langkah antisipatif yang dilakukan pemerintah ini, kata dia, di antaranya, dengan mempercepat laju vaksinasi di daerah tersebut.

"Untuk vaksinasi, ini di sisi hulu, di Kudus kita sudah drop 50 ribu, supaya bisa segera disuntikan. Di Bangkalan juga akan segera kita drop 50 ribu, untuk mengurangi penularan," kata Budi dalam konferensi pers daring di Youtube Sekretariat Presiden RI, Senin (7/6/2021).

Budi menjelaskan, pemerintah pusat juga telah memerintahkan agar beban yang ada di rumah sakit kedua daerah itu dibagi ke pemerintah provinsi. Misalnya, kata dia, pasien dengan gejala berat dan sedang dapat dirujuk ke Kota Semarang maupun Kota Surabaya.

"Kami juga sudah kirim dokter, bekerja sama dengan IDI dan persatuan perawat untuk mengisi dan mengurangi tekanan dari tenaga kesehatan yang cukup banyak terpapar Covid-19," ujarnya.

Budi menambahkan, isolasi mandiri juga harus terus digencarkan kedua daerah agar penyebaran kasus tidak terus terjadi.

"Testing, tracing dan treatment juga harus diperkuat. Dan yang paling penting, isolasi mandiri karena 80 persen penyakit ini bisa sembuh sendiri tapi butuh tempat isolasi supaya tidak menularkan," tambahnya.

Sebelumnya, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjadi zona merah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Penambahan kasus baru mencapai 100an orang sehari.

Sementara di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, kasus melonjak usai libur Lebaran 2021, sepekan terakhir. Hingga Minggu (6/6/2021) kemarin, terdapat 25 kasus Covid-19 dengan dua kematian.


Editor: Kurniati Syahdan

  • Covid-19
  • Vaksinasi Covid-19
  • Kudus
  • Bangkalan
  • tracing
  • testing
  • treatment
  • Madura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!