covid-19

Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, 2 Ribu Laporan Positif Sehari

Lonjakan kasus terjadi merata di semua kecamatan di Jakarta, kecuali Kepulauan Seribu.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 11 Jun 2021 08:33 WIB

Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, 2 Ribu Laporan Positif Sehari

Tim medis merawat pasien Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Kasus Covid-19 di Jakarta meningkat tajam. Kemarin, ditemukan 2.096 kasus positif. Jumlah itu meningkat dari hari sebelumnya, yakni 1.300-an kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Jakarta Dwi Oktavia mengatakan dua ribuan kasus baru itu ditemukan dari hasil pelacakan puskesmas dan laporan dari fasilitas kesehatan. Ribuan kasus itu teridentifikasi dari 988 keluarga. Dwi menduga lonjakan kasus ini merupakan dampak libur Lebaran.

"Kami terus memasifkan 3T, tapi kita bisa lihat di sini bahwa kenaikan kasus memang terjadi pascalibur lebaran. Dari identifikasi klaster mudik hingga 10 Juni, terdapat 2.008 kasus positif dari 988 keluarga. Untuk itu, kami mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan, jangan melonggarkan protokol kesehatan, karena penularan masih terus terjadi," kata Dwi melalui keterangan tertulis, Kamis (10/6/2021).

Dwi Oktavia menjelaskan, 64 persen atau sekitar 1.336 dari kasus tersebut merupakan pasien bergejala. Sebanyak 232 orang menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan 36 persen atau 760 merupakan orang tanpa gejala. Kata dia, lonjakan kasus ini terjadi merata di semua kecamatan di Jakarta, kecuali Kepulauan Seribu.

Dwi meminta masyarakat terus disiplin mematuhi protokol kesehatan. Dia juga mengimbau masyarakat mewaspadai mutasi virus baru yang lebih mudah menular dan menimbulkan gejala yang lebih berat.

"Terdapat 19 kasus variant of concern mutasi virus baru yang ditemukan di DKI Jakarta, di mana 18 di antaranya memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri, dan satu kasus transmisi lokal," jelas Dwi.

Dia mengklaim, Pemprov Jakarta secara aktif melakukan pemeriksaan sampel whole genome sequencing. Dari pemeriksaan itu, ditemukan 19 kasus positif dari varian baru.

Editor: Sindu Dh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Fasilitas Jalan Aman di Indonesia

Menyorot Klaster Covid-19 pada Pembelajaran Tatap Muka

Kabar Baru Jam 10