Jelang 1 Juli, Polda Papua Antisipasi Tiga Daerah dari Aksi Teror KKB

Sepertiga kekuatan Polri yang ada di sini disiagakan untuk menjaga keamanan jelang 1 Juli, dan kita juga akan masif jelang PON Papua melakukan sosialisasi.

BERITA | NASIONAL | NUSANTARA

Senin, 28 Jun 2021 19:36 WIB

Author

Fadli Gaper

Jelang 1 Juli, Polda Papua Antisipasi Tiga Daerah dari Aksi Teror KKB

LSM Masyarakat Papua Cinta NKRI menggelar Deklarasi Damai menolak perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka 1 Desember di Jakarta (29/11/2019). (Foto: IST/Antara)

KBR, Papua - Polda Papua mengantisipasi keamanan jelang 1 Juli yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat.

Kapolda Papua Mathius D Fakhiri menegaskan, ribuan personel gabungan sudah diterjunkan untuk memantau pergerakan di daerah-daerah rawan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Kita ketahui sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kalau tanggal 1 Juli itu tidak terlalu urgent, biasanya aman-aman saja. Mudah-mudahan tahun ini juga tetap aman. Sepertiga kekuatan Polri yang ada di sini disiagakan untuk menjaga keamanan jelang 1 Juli, dan kita juga akan masif jelang PON Papua melakukan sosialisasi," ujar Kapolda Papua Mathius D Fakhiri seperti dikutip Antara (28/6/2021).

Polda Papua menyebutkan tiga daerah yang harus diantisipasi jelang 1 Juli nanti. Ketiganya adalah Kabupaten Intan Jaya, Nduga dan Mimika. 

Antisipasi dilakukan karena di tiga daerah ini sering terjadi penembakan yang dilakukan KKB terhadap personel keamanan maupun masyarakat sipil setempat.

Sementara itu, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua, Lenis Kogoya mengimbau semua masyarakat Papua agar menjaga Kamtibmas, terutama masyarakat yang ada di Jayapura.

Hal yang sama disampaikan Ketua Pemuda Adat Papua Jan Christian Arebo. Ia berharap jelang 1 Juli nanti, semua masyarakat Papua dan lebih khusus yang ada di Jayapura, menjaga kedamaian, kenyamanan dan ketertiban. Jan juga mendukung proses hukum kepada pelaku kerusuhan yang sedang dilakukan di Polda Papua bisa berjalan dengan baik.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Digelar?

Kabar Baru Jam 8

Wisata Sehat di Tengah Pandemi

Desa Wisata Tak Kehilangan Pesona