covid-19

BOR Rumah Sakit di 5 Provinsi di Jawa di Atas 80 Persen

Selain 5 provinsi di Pulau Jawa dengan BOR di atas 80 persen, ada tiga provinsi lain dengan BOR mencapai di atas 60 persen.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 30 Jun 2021 23:34 WIB

Author

Yovinka Ayu

BOR Rumah Sakit di 5 Provinsi di Jawa di Atas 80 Persen

Pengumuman penutupan IGD di RSUD Cibabat, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (30/6/2021), karena pasien terus bertambah. (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan mencatat ada lima provinsi dengan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) baik ruang isolasi maupun intensif di atas 80 persen atau zona merah.

Hingga Rabu (30/6/2021), data dari Kemenkes menunjukkan lima provinsi itu berada di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta sebesar 93 persen, Banten 93 persen, Jawa Barat 89 persen, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 87 persen.

Sementara, provinsi lainnya memiliki BOR rumah sakit di atas 60 persen seperti Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Riau.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengklaim, pemerintah akan terus menambah tempat tidur rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19. Hal itu juga didasari surat edaran Menteri Kesehatan.

“Pemerintah daerah kalau di daerahnya itu tingkat keterisian tempat tidurnya sudah lebih dari 60 persen, dia harus mengonversi ruang perawatan di rumah sakit di wilayahnya sebanyak 40 persen. Dan itu bukan hanya RSUD saja, tapi juga termasuk RS swasta karena pada kondisi seperti ini kita harus saling membantu,” kata Nadia saat dihubungi KBR, Rabu (30/6/2021).

Nadia berharap, dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang semakin ketat dapat menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 di tanah air, yang berdampak pada penurunan tingkat BOR.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, sejak 24 Juni 2021 jumlah kasus harian Covid-19 di Indonesia terus berada di atas angka 20 ribu. Per Rabu (30/6/2021) tercatat ada penambahan kasus Covid-19 ada lebih dari 21 ribu.

Sementara, kasus kematian juga bertambah sebanyak 467 kasus dan menjadi rekor tertinggi kedua selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Rekor tertinggi pernah terjadi pada 28 Januari 2021 dengan 476 kasus kematian.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Tuberkulosis (TB) pada Anak