covid-19

7 Potensi Masalah Keamanan di 2020, Polri: Ada Ancaman Ideologi

"Proses globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menghadirkan ancaman dari segi ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya.

BERITA | NASIONAL

Senin, 07 Jun 2021 15:18 WIB

7 Potensi Masalah Keamanan di 2020, Polri: Ada Ancaman Ideologi

Wakil Menkumham Omar Sharif Hiariej (kiri) dan Wakapolri, Gatot Eddy Pramono (kanan) saat rapat kerja dengan Komisi III DPR. (Foto: Antara/D

KBR, Jakarta - Kepolisian memetakan tujuh potensi permasalahan keamanan yang akan dihadapi di tahun 2022.

Wakil Kapolri, Gatot Eddy Pramono mengatakan, salah satu yang dihadapi di tahun mendatang yakni ancaman ideologi negara. Itu dia sampaikan saat rapat kerja di DPR, hari ini.

"Proses globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menghadirkan ancaman dari segi ideologi, politik, ekonomi, dan sosial budaya. Perkembangan teknologi informasi melalui dunia maya atau cyber crime dan penyebaran informasi hoaks yang melanggar Undang-Undang ITE," kata Gatot dalam rapat kerja di DPR, Senin (7/6/2021).

Gatot Eddy Pramono menambahkan, permasalahan lain yang dihadapi Polri tahun mendatang yakni, dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi keamanan masyarakat, peredaran narkoba, korupsi, terorisme, dan kejahatan konvensional, serta kejahatan dimensi baru.

Permasalahan lainnya yakni pencurian dan perusakan lingkungan hidup, serta aktivitas penyelundupan di pulau-pulau terluar.

"Panjangnya jalur perbatasan dan adanya pulau-pulau terluar yang belum berpenghuni, sangat berpotensi dimanfaatkan untuk aktivitas penyelundupan dan rawan terjadi aneksasi pulau atau wilayah Indonesia oleh pihak luar," pungkasnya.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10