Perkiraan Cuaca BMKG Selama Lebaran 2019

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi daerah di Pulau Jawa bakal cerah berawan selama sepekan ke depan.

BERITA , NASIONAL

Selasa, 04 Jun 2019 19:26 WIB

Author

Kevin Candra

Perkiraan Cuaca BMKG Selama Lebaran 2019

Ilustrasi: Petugas BMKG saat memantau informasi cuaca. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi daerah di Pulau Jawa bakal cerah berawan selama sepekan ke depan.

Sementara potensi hujan sedang hingga lebat, menurut Prakirawan BMKG Tommy Ilham, diperkirakan terjadi di wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Kalimantan. Prediksi BMKG juga menunjukkan cuaca serupa untuk wilayah Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua Barat.

Selain potensi hujan, Tommy juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi saat berlibur di pantai.

"Ya Perlu di waspadai potensi gelombang tinggi di Indonesia bagian Timur seperti di Perairan Maluku dan Perairan Selatan Papua dengan ketinggian gelombang 2 sampai 3,5 Meter," tutur prakirawan BMKG, Tommy Ilham saat dihubungi jurnalis KBR, Selasa (4/6/2019).

"Selain itu juga Perairan di Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yang cukup tinggi berkisar 2 sampai 3,5 Meter," lanjut Tommy.

Terjadinya gelombang tinggi menurutnya lantaran sistem tekanan tinggi di Perairan utara Sabang. 

Tommy menambahkan, perkiraan kecepatan angin tertinggi terpantau bakal terjadi di perairan Pulau Sawu, Pulau Rote, Laut Timor, perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, perairan Kepulauan Letti, Kepulauan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Laut Arafuru, serta perairan Yos Sudarso Merauke.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Hari Matinya KPK

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter