Jokowi Perintahkan Segera Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

"Kalau pembangunan runway dan pembangunan East Cross Taxiway tidak dikejar, pembangunan terminal tidak dikejar, sama saja nanti keduluan lagi,"

, BERITA , NASIONAL

Jumat, 21 Jun 2019 13:21 WIB

Author

Dian Kurniati

Jokowi Perintahkan  Segera  Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, untuk langsung bersiap menggarap pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta. Permintaan ini menyusul telah rampungnya pengerjaan runway Terminal 3, pada Juni ini. 

Jokowi mengatakan, proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta harus sudah dimulai pembangunannya pada 2021, dan ditargetkan selesai seluruhnya, dalam waktu tiga tahun. Kelak, dengan mengoperasionalkan keempat terminal tersebut, Jokowi menargetkan 110 juta penumpang, yang dapat dilayani di Bandara Soekarno-Hatta per tahun, dari yang saat ini, hanya pada kisaran 60-an juta orang per tahun.

"Setelah ini kita akan masuk pada tambahan kapasitas lagi untuk terminal. Sudah dua tahun yang lalu saya perintahkan ke menteri, Pak Dirut untuk menyiapkan lagi perencanaan terminal yang keempat. Ini sudah mulai gambar-gambar, desain, sudah. Kalau pembangunan runway dan pembangunan East Cross Taxiway tidak dikejar, pembangunan terminal tidak dikejar, sama saja nanti keduluan lagi," kata Jokowi di kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (21/6/2019). 

Jokowi mengatakan, pembangunan bandara harus dikebut untuk bersiap melayani lonjakan penumpang di masa datang. Menurutnya, infrastruktur harus siap lebih dulu dibangun, agar masyarakat tidak dirugikan karena fasilitas bandara terbatas.

Jokowi berujar, saat ini Angkasa Pura II masih menyelesaikan berbagai fasilitas pada Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Misalnya, landasan pacu atau runway pada Terminal 3 yang baru akan rampung Juni ini, sehingga bandara akan sanggup menampung 120 pergerakan pesawat per jam.

Editor: Fadli Gaper 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17