Jelang Puncak Arus Balik, Bandara Soetta Masih Siaga 1

Pengamanan ketat di Bandara Soetta akan diterapkan hingga Kamis depan (13/6/2019).

BERITA , NASIONAL

Jumat, 07 Jun 2019 09:50 WIB

Author

Adi Ahdiat

Jelang Puncak Arus Balik, Bandara Soetta Masih Siaga 1

Teknisi pesawat Garuda Maintenance Facility (GMF) saat melakukan perawatan mesin pesawat di Hanggar GMF Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten (26/5/2019). (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal/ama)

KBR, Jakarta - Puncak arus balik mudik di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/6/2019).

Menjelang momen puncak tersebut, Bandara Soetta masih memberlakukan status pengamanan Siaga 1.

Chief Officer Incharge Bandara Soetta, Chairul, menjelaskan pengamanan ketat ini sudah berlaku sejak pengumuman hasil Pemilu bulan lalu (21/5/2019).

Bandara Soetta dijaga oleh aparat gabungan dari unsur TNI, Polri, Bea Cukai, Aviation Security (Avsec), karantina, dan imigrasi, yang totalnya mencapai 3.000 personel.

Para petugas melakukan patroli rutin di kawasan terminal dan wilayah perimeter bandara. Mereka juga menerapkan sistem counter check dan random check untuk memastikan tak ada barang berbahaya yang masuk.

Di samping patroli, pengawasan keamanan juga dilakukan melalui 2.200 buah CCTV.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, pengamanan ketat ini akan diterapkan hingga Kamis depan (13/6/2019).

“Kami laksanakan pengamanan secara ketat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan di Bandara Soetta. Kami harapkan semuanya berjalan lancar,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara.


Bandara Buka Area Parkir Tambahan

Untuk menyambut kepulangan para pemudik, Bandara Soetta membuka area parkir tambahan.

"Area parkir sudah kita tambah demi kelancaran saat arus balik nanti. Jadi, tak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan saat menjemput sebab sudah tersedia semuanya," ujar Chief Officer Incharge Bandara Soetta, Chairul, seperti dikutip Antara (7/6/2019).

Selain untuk kendaraan jemputan, penambahan area parkir juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan di dalam kawasan bandara.

Sebelumnya, dalam rentang waktu H-7 sampai H-1 lebaran Bandara Soetta telah memberangkatkan sekitar 1,2 juta penumpang. Selama periode tersebut, bandara ini rata-rata melayani 1.000 penerbangan per harinya.

(Sumber: ANTARA)

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia