Bom Bunuh Diri di Pos Polisi Kartasura, Polisi: Pelaku Terpapar ISIS

"Rekam jejaknya aksi yang bersangkutan boleh dikatakan belum terbaca,"

BERITA , NASIONAL

Selasa, 04 Jun 2019 12:00 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Bom Bunuh Diri di Pos Polisi Kartasura, Polisi: Pelaku Terpapar ISIS

Petugas Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara lokasi kejadian bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Polri tengah mendalami keterkaitan  pelaku peledakan bom di pos polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah dengan jaringan terorisme. Juru Bicara Mabes Polri Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini belum ada indikasi keterkaitan pelaku dengan sel-sel jaringan terorisme di Indonesia.

"Dari pemeriksaan sementara dan analisa dari tim Densus 88, pelaku (itu) amatir. Kemudian juga rekam jejaknya di kelompok masih belum terlihat. Demikian juga rekam jejaknya aksi yang bersangkutan boleh dikatakan belum terbaca," jelas Dedi saat jumpa pers di Mabes Polri, Selasa (4/6/2019).

Juru Bicara Mabes Polri Dedi Prasetyo menambahkan, indikasi sementara pelaku terpapar paham ISIS. Namun dia  belum bisa memastikan dari mana paham ISIS itu sampai kepada pelaku.

Menurut Dedi, jika dalam pendalaman nanti diketahui pelaku terkait jaringan yang terstruktur seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD), maka penanganan akan dilimpahkan dari Polda Jawa Tengah ke Mabes Polri.

Sebelumnya, RA (22) meledakan bom di pos polisi Kartasura pada Senin (3/6/2019) malam sekitar pukul 22.45 WIB.  Pasukan Densus 88 Antiteror Mabes Polri juga sudah menggeledah rumah terduga pelaku di Desa Wirogunan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah. Mereka menemukan sejumlah barang yang diduga merupakan bahan racikan bom. 

Editor: Rony Sitanggang
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17