BERITA

Polisi Akan Tindak Tegas Pemudik Motor yang Abaikan Keselamatan Anak

Polisi Akan Tindak Tegas Pemudik Motor yang Abaikan Keselamatan Anak

KBR, Solo - Kepolisian Resort Kota Solo Jawa Tengah bakal menindak tegas dan menilang pemudik kendaraan pribadi, termasuk sepeda motor yang nekat melanggar aturan lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Solo, Imam Safii mengatakan pelanggaran lalu lintas itu termasuk pemudik sepeda motor, yang membawa anak secara berbahaya dan tidak terlindungi keselamatannya.


"Sayangi anak-anak. Jangan sampai anak dipaksa ikut berjejal mudik dengan sepeda motor. Kasihan. Rawan terjatuh dan mengantuk. Upayakan mudik dengan angkutan umum lainnya, seperti bus, kereta api dan sebagainya. Pemudik motor juga jangan mengangkut barang di motor menggunakan tambahan kayu di sisi kiri dan kanan. Itu akan membuat sepeda motor tidak stabil dan mudah terjadi kecelakaan. Kami akan lihat, kalau ada yang berpotensi kecelakaan, kami akan tindak dan prioritaskan itu," kata Imam Syafii.


Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik tahun 2017 ini meningkat sekitar lima persen, dengan total pemudik mencapi 19 juta orang. Kenaikan jumlah pemudik bermotor per tahun sekitar delapan persen sedangkan mobil pribadi lima persen.


Untuk mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor, pemerintah menggiatkan program mudik gratis baik menggunakan kereta api, bus hingga kapal laut.

red


Keterangan foto: Warga mendaftar mudik gratis di Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/5/2017). Mudik gratis diselenggarakan Kementerian Perhubungan. (Foto: ANTARA/Risky Andrianto)

 

Sebanyak 25 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut andil menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna motor, dengan cara mengalihkan pemudik motor menggunakan angkutan bus dan kereta api.


Pemudik di kawasan Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi diundang ikut program "Mudik Bareng BUMN 2017" supaya mereka tidak menggunakan sepeda motor yang rawan keamanan, kenyamanan dan keselamatan.


"Dengan cara seperti ini kami juga bisa memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada masyarakat bahwa ada cara lain untuk melakukan mudik," kata Staff Khusus Menteri BUMN Devi Suradji di Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2017).


Devi mengimbau seluruh penyelenggara mudik untuk tidak sekedar mementingkan keselamatan, namun juga memberikan jaminan jika terjadi kecelakaan yang tidak bisa dihindaran.


"Perlu dipikirkan juga bahwa kita ini harus memberikan pelayanan yang full service, dalam arti kita memastikan mereka ini sehat walafiat jasmani dan rohani," ucap Devi.


Para pemudik akan diangkut menggunakan bus pariwisata yang masih baru, minimal pembuatan tahun 2012. Bus itu akan dilengkapi alat keselamatan, fasilitas kursi yang bisa diatur (reclining seat), AC, video dan standar pelayanan bus lainnya. Pengemudi bus juga akan dilakukan tes urine, serta pemeriksaan kendaraan sebelum mudik.


Sampai saat ini lebih dari 112.362 orang sudah mendaftar ikut "Mudik Bareng BUMN 2017" melalui 25 BUMN. Kegiatan mudik itu menggunakan bus, kereta, kapal laut, dan pesawat. Jumlah pemudik yang diangkut BUMN tahun ini meningkat dari sebelumnya 93 ribu orang pada 2015, dan meningkat menjadi 94 ribu pemudik pada 2016.  


Devi berharap, target 120 ribu pemudik dapat tercapai beriringan dengan BUMN lain yang belum melaporkan jumlah pemudik yang mendaftar di lembaganya.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • mudik sepeda motor
  • pemudik sepeda motor
  • mudik lebaran
  • Lebaran 2017
  • Mudik 2017
  • Angkutan Lebaran
  • Angkutan Lebaran 2017

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!