BERITA

Uji Calon Kapolri, Ketua Komisi III: Besok Bisa Ditetapkan

""Kita ingin mendalami dan merasakan suasana apakah calon kita ini didukung oleh keluarganya menjadi Kapolri, itu yang menjadi point pertama," "

Uji Calon Kapolri, Ketua Komisi III: Besok Bisa Ditetapkan
Calon Kapolri Tito Karnavian. (Foto: BNPT)

KBR, Jakarta- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bidang hukum menuntaskan uji kelayakan dan kepatutan tahap dua terhadap calon Kapolri Tito Karnavian. Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, tahap kedua ini dilaksanakan dengan mengunjungi kediaman Tito dan keluarganya.

"Kita ingin mendalami dan merasakan suasana apakah calon kita ini didukung oleh keluarganya menjadi Kapolri, itu yang menjadi point pertama," kata Bambang di Komplek Polri Ragunan, Rabu (22/06/16).


Dalam pertemuan dengan Komisi III DPR ini, Ketiga anak Tito tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan ujian di Singapura. Orang tuanya Tito pun tidak bisa hadir karena sedang sakit. Namun Bambang menuturkan, salah satu anak Tito, Muhammad Taufan (17), bisa dihubungi melalui skype.


"Dan kami melihat bersama-sama ibu dan anak-anak yang kita hubungi melalui skype di Singapura mendukung sepenuhnya Pak Tito untuk menjadi Kapolri," ujarnya.


Bambang menjelaskan, Tito dan keluarganya hidup sederhana. Terlihat dengan tidak adanya perabotan rumah yang glamor. Menurut Bambang, hal tersebut sesuai dengan apa yang dilaporkan Tito.


Uji kelayakan dan kepatutan tahap pertama terhadap calon Kapolri Tito Karnavian telah dilaksakan melalui pertemuan dengan KPK, PPATK dan Kompolnas. Bambang mengatakan, berdasarkan laporan PPATK tidak ada transaksi yang mencurigakan dalam rekening Tito dan keluarganya. Laporan KPK juga tak menemukan adanya dugaan korupsi.


"Insyallah besok bisa kita tetapkan sebagai Kapolri," ujar Bambang.


Besok, Kamis (23/06/16), Komisi III DPR RI akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan tahap akhir terhadap calon Kapolri Tito Karnavian. Sebelumnya Presiden Jokowi menunjuk Tito sebagai calon tunggal Kapolri.


Editor: Rony Sitanggang

  • calon kapolri
  • Kepala BNPT Tito Karnavian
  • Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo
  • uji kepatutan dan kepantasan calon kapolri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!