Operasi Pasar di Jombang, 350 Paket Gula Pasir Ludes

Dalam operasi pasar kali ini, satu paket gula pasir kemasan 2 kilogram dijual hanya dengan harga Rp 23.500 atau sekitar Rp 11.750 per kilogram.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 09 Jun 2016 12:39 WIB

Author

Muji Lestari

Operasi Pasar di Jombang, 350 Paket Gula Pasir Ludes

Operasi pasar murah sembako di area Pasar Cukir, Tebuireng, Jombang. Foto: Muji Lestari

KBR, Jombang – Operasi Pasar Murah sembako di Pasar Cukir, Jombang, Jawa Timur diserbu ratusan pembeli. Sebanyak 350 paket gula pasir murah langsung ludes terjual dalam waktu singkat. Hal itu lantaran harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga dipasaran yang tembus Rp 16 ribu perkilogram.

Dalam operasi pasar kali ini, satu paket gula pasir kemasan 2 kilogram dijual hanya dengan harga Rp 23.500 atau sekitar Rp 11.750 per kilogram.

“Sekarang harga dipasar rata-rata Rp 15 ribu ke atas, sedangkan OP per kilo Rp 11.750, khusus gula selisihnya Rp 3 ribuan ke atas. Untuk hari ini kita jual 350 paket sembako," kata Staff Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Jombang, Didik Eko Purwanto kepada KBR, Rabu (09/06/16).

Operasi pasar murah ini dilakukan untuk menekan harga sembako yang melonjak sejak awal Puasa. Didik menjelaskan, operasi serupa sudah dilakukan sejak dua minggu lalu, namun harga gula dan beras di Jombang tetap tinggi hingga saat ini.

Sementara itu, salah satu warga mengaku senang dengan operasi pasar ini. Kholilah berharap selisih harga sekitar Rp 4 ribu ini mampu menekan harga gula di pasar. “Ya senang, tapi belinya hanya boleh satu paket saja, dibatasi. Harapanya harga sembako bisa turun, semuanya bisa stabil seperti semula”, kata Kholilah.

Selain menjual gula pasir, Dinas Perdagangan juga menyediakan paket minyak goreng, tepung dan beras. Namun tiga komoditas tersebut sepi peminat lantaran harganya yang tidak jauh berbeda dengan harga di pasar.

Sebelumnya, harga gula pasir tingkat grosir di Jombang tembus Rp 16 ribu per kilogram. Harga tersebut naik secara bertahap sejak satu minggu sebelum memasuki bulan Puasa lalu yang masih berkisar Rp 15 ribu.

Hingga saat ini, Disperindagpas Jombang masih menunggu kebijakan Pemprov Jatim dan Pusat untuk menidaklanjuti persoalan tersebut.  Menurut Staff  Disperindagpas Jombang, Didik Eko Purwanto, operasi pasar murah akan terus dilakukan hingga menjelang lebaran mendatang. 


Editor: Damar Fery Ardiyan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal