BERITA

Layanan Angkutan Motor Gratis Lebaran Jalur Selatan Kurang Peminat

Layanan Angkutan Motor Gratis Lebaran Jalur Selatan Kurang Peminat

KBR, Purwokerto – Fasilitas angkutan sepeda motor gratis yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk jalur selatan Jawa Tengah baru terisi 71 persen dari kapasitas total yang mencapai 10.556 unit sepeda motor.

Juru bicara PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono mengatakan tahun ini PT KAI meningkatkan kapasitas angkutan motor gratis dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya berkapasitas 5.278 sepeda motor.


Lima stasiun disiapkan sebagai stasiun pemberhentian angkutan motor gratis yakni Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen dan Kutorajo.


Surono menjelaskan, program ini merupakan upaya pemerintah menekan angka kecelakaan di jalan raya pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2016 nanti. Dia berharap sisa 3000-an alokasi motor gratis ini segera dimanfaatkan pemudik.


"Kondisi sampai tanggal ini sudah terisi 70 persen sampai 71 persen ya. Tapi masih ada slot, berarti sekitar 28 hingga 29 persen. Kalau pendaftaran arus mudiknya sampai tanggal 6 Mei kemarin, kalau arus baliknya memang belum kita batasi. Jadi pendaftar bisa memakai tiket kereta, tiket bus, tiket travel maupun pesawat. Yang penting memperlihatkan tiket untuk bisa menggunakan layanan angkutan motor gratis," kata Surono.


Saat mendaftar, peserta  program angkutan motor gratis hanya perlu memperlihatkan STNK, KTP dan SIM asli, kemudian melampirkan salinan atau fotocopy masing-masing dokumen itu tiga lembar pada saat pendaftaran.


Selain itu peserta juga wajib menunjukkan tiket mudik kereta api, bis, travel atau pesawat atas namanya sesuai tujuan pengiriman motor.


Dua kereta khusus disiapkan untuk fasilitas angkutan motor gratis (motis). Yakni KA Motis lintas selatan 1 (Jakarta Gudang-Kutoarjo pp) dan KA Motis lintas selatan 2 (Jakarta Gudang-Kediri pp).


Setiap KA motis akan membawa rangkaian tujuh gerbong dengan kapasitas muat masing-masing gerbong sebanyak 58 sepeda motor.


KA angkutan motis ini akan dioperasikan tanggal 28 Juni (H-10) hingga 3 Juli (H-3) saat arus mudik dan tanggal 10 Juli (H+3) sampai dengan 16 Juli (H+9) saat arus balik.


KA motis lintas selatan 1 akan melayani angkutan motis dari stasiun Jakarta-Gudang-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-dan Stasiun Kutoarjo.


Sedangkan KA motis lintas selatan 2 akan melayani motis dari stasiun Jakarta Gudang-Lempuyangan-Klaten-Solojebres-Madiun-Kertosono-dan Stasiun Kediri.


Editor: Agus Luqman 

  • angkutan motor gratis
  • Lebaran 2016
  • mudik lebaran
  • arus balik
  • Idul Fitri
  • Purwokerto
  • Jawa Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!