KPK Ungkap Penyelidikan Sumber Waras di Hadapan DPR

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, penyampaian simpulan perkara ini merupakan inisiatif lembaganya.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 14 Jun 2016 14:02 WIB

Author

Randyka Wijaya

KPK Ungkap Penyelidikan Sumber Waras di Hadapan DPR

Foto ANTARA

KBR, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penyelidikan kasus pengadaan lahan RS Sumber Waras di hadapan anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, penyampaian simpulan perkara ini merupakan inisiatif lembaganya.

"Inisiatif kami, ya ini hanya salah satu penyampaian informasi aja kan tidak masalah. Sebetulnya tidak ada permasalahan mau disampaikan di sini, kan wakil rakyat juga," kata Alexander Marwata di Gedung DPR, Selasa (14/06/2016).

Sementara, menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, lembaganya memilih menyampaikan simpulan ini di DPR lantaran tidak ingin ditanya pelbagai pihak. "Ya daripada ditanya kiri-kanan ya mendingan di DPR," kata Agus Rahardjo di tempat yang sama.

Kasus Sumber Waras bermula saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan dugaan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut BPK, pembelian lahan oleh Pemda DKI tersebut lebih mahal dari nilai jual obyek pajak (NJOP) 2013.

Dalam kasus ini, KPK mengklaim telah memeriksa lebih dari 50 saksi dalam kasus ini. Di antaranya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua Yayasan Kesehatan Sumber Waras, Kartini Muljadi. KPK juga telah memeriksa sejumlah saksi ahil dalam kasus ini.

Editor: Damar Fery Ardiyan
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Hakim Diminta Dalami Kesaksian Pelajar Korban Penyiksaan Polisi

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14