BERITA

Ketua DPR Janjikan Uji Calon Kapolri dan Pengesahan Tax Amnesty Sebelum Reses

Ketua DPR Janjikan Uji Calon Kapolri dan Pengesahan Tax Amnesty Sebelum Reses

KBR, Jakarta- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memastikan bakal menggelar tes uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Kepolisian Indonesia dalam pekan ini. Ketua DPR, Ade Komarudin mengatakan,  bakal menyelesaikan permasalahan itu sebelum memasuki masa reses.

Kata Ade, masa reses DPR akan dimulai pada tanggal 28 Juni mendatang.

"Ini komitmen kita sebagai dukungan kepada Pemerintah dan sudah kami sampaikan kepada Presiden. Yang pasti ini harus kami selesaikan sebelum kita memasuki reses yang cukup panjang, dua pekan," ujar Ketua DPR, Ade Komarudin  di kediaman dinasnya di Widya Chandra, Jakarta, Senin (20/06).


Selain itu Ade juga berjanji bakal menyelesaikan sejumlah agenda penting lainnya sebelum memasuki masa libur nanti. Salah satunya kata dia, terkait masalah pengesahan RUU Tax Amnesti atau pengampunan pajak.


"Insya Allah kami bisa selesaikan RUU Tax Amnesty satu atau dua hari ini, Insya Allah tujuh pasal lagi. Insya Allah sebelum tanggal 28 Juni, kami bisa ambil keputusan dalam sidang paripurna," ujarnya.


Dia juga berjanji agar DPR juga menyelesaikan pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Perlindungan Anak atau Perppu kebiri.


"Kami akan memproses Perppu Kebiri, sedang kami proses di Komisi VIII, secepatnya akan segera selesai," ujarnya.


Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil mendesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera melakukan tes uji kelayakan dan kepatutan  kepada calon Kepala Kepolisian Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian dalam waktu dekat. Pasalnya menurut Direktur Eksekutif Imparsial, Al Araf,   agar tidak ada alasan DPR untuk mempolitisasi pemilihan Kapolri tersebut. Kata dia, berkaca pada peristiwa serupa sebelumnya, DPR lebih condong pada kepentingan politik kelompok tertentu jika dibandingkan dengan agenda-agenda reformasi di internal kepolisian.


Editor: Rony Sitanggang

  • uji kepatutan dan kepantasan calon kapolri
  • Kepala BNPT Tito Karnavian
  • ruu tax amnesty
  • ketua dpr ade komaruddin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!