BERITA

Dilaporkan HMI, Saut Situmorang Diperiksa Bareskrim 4 Jam

"Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memeriksa Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang selama empat jam atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Himpunan Mahasiswa Islam."

Gilang Ramadhan

Dilaporkan HMI, Saut Situmorang Diperiksa Bareskrim 4 Jam
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, keluar dari gedung Bareskrim Polri usai diperiksa penyidik Ditipidum. Foto: Gilang Ramadhan/KBR

KBR, Jakarta - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memeriksa Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang selama empat jam atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Kasubdit III Ditipidum, Umar Surya Fana mengatakan, hari ini merupakan pemeriksaan pertama Saut selaku terlapor.

"Kalau ditanya pertanyaan masalah pokok apa masih jauh. Kita masih dalam rangka pendalaman. Kemudian masih terlalu jauh untuk menyimpulkan ada atau tidaknya unsur pidana. Nanti kalau saya bilang ada pidana ternyata alat bukti tidak mencukupi. Jika saya bilang tidak ada ternyata terpenuhi," kata Agus di Mabes Polri, Kamis (16/06/16).


Umar mengatakan, Saut ditanya sebanyak 10 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaannya sendiri belum memasuki pokok perkara. Sebelumnya Bareskrim telah memeriksa beberapa saksi termasuk saksi ahli.


"Kita masih melakukan penyelidikan, untuk naik sidik juga masih belum, kita perlu gelar dan sebagainya, masih banyak yang perlu kita lakukan," ujar Agus.


Saut dilaporkan oleh tiga orang perwakilan dari HMI dengan surat laporan berbeda, yakni atas nama Ade Irfan Pulungan, Mulyadi, dan Muhammad Fauzi. Saut dianggap melakukan pencemaran nama baik dalam pernyataannya di satu stasiun televisi swasta.


Saut dalam satu program televisi mengatakan; "mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahasiswa, kalau HMI minimal LK I. Tapi ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat." Saut saat itu menjadi salah satu narasumber ‘Harga Sebuah Perkara’ dalam program Benang Merah di TV One pada Kamis 5 Mei 2016 lalu.




Editor: Quinawaty Pasaribu

 

  • wakil ketua kpk saut situmorang
  • diperiksa Bareskrim
  • pencemaran nama baik HMI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!