BERITA

Calon Tunggal Kapolri, Mayoritas Fraksi DPR Dukung Tito

""(Mereka) belum memberikan pendapat yang jelas terhadap usulan tersebut. Tetapi bukan berarti mereka akan menolaknya," "

Rio Tuasikal

Calon Tunggal Kapolri, Mayoritas Fraksi DPR Dukung Tito
Calon Kapolri Tito Karnavian. (Foto: Mabes Polri)

KBR, Jakarta- Mayoritas fraksi di komisi hukum DPR diklaim mendukung  Tito Karnavian sebagai calon Kapolri. Anggota Komisi Hukum DPR, Taufiqulhadi,  mengatakan setidaknya sudah ada 7 partai yang menyatakan dukungan, termasuk partai Taufiq sendiri, Partai Nasdem.

Kata dia, saat ini masih ada 3 partai yang belum menyatakan pendapatnya, mereka adalah PAN, PDI Perjuangan, dan PKS. Sehingga dia meramalkan pencalonan Tito akan mulus.

"(Mereka) belum memberikan pendapat yang jelas terhadap usulan tersebut. Tetapi bukan berarti mereka akan menolaknya," ungka Anggota Komisi Hukum DPR, Taufiqulhadi,   dalam diskusi di Menteng, Jakarta, Jumat (17/6/2016) sore.


"Karena itu menurut saya, berkaitan dengan usul presiden ini, ini akan mendapat respon positif dan berjalan mulus. Kalau menurut saya," tambahnya.


Taufiqulhadi menambahkan, saat ini tidak ada gejolak berarti yang terjadi di Komisi Hukum DPR. Sehingga kata dia uji kelayakan dan kepatutan Rabu (22/6/2016) depan akan berjalan lancar.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Hukum Nasir Djamil mengatakan fraksinya akan menggali komitmen Tito dalam memberantas pungutan liar. Sebab kata politisi PKS ini kepercayaan masyarakat kepada polisi sudah turun karena praktik-praktik demikian.

“Ini yang harus dihilangkan sama pak Tito ketika menjabat jadi Kapolri,” jelasnya.

Tito Karnavian ditunjuk Presiden Joko Widodo jadi calon tunggal Kapolri, menggantikan Badrodin Haiti. Tito saat ini menjabat kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).


Surat penunjukan Tito sudah diserahkan ke DPR Rabu lalu. Surat itu akan dibacakan di Paripurna DPR, sebelum nama Tito diserahkan ke Komisi Hukum untuk diuji.

Editor: Rony Sitanggang 

  • calon kapolri
  • Kepala BNPT Tito Karnavian
  • Anggota Komisi Hukum DPR
  • Taufiqulhadi
  • Wakil Ketua Komisi Hukum Nasir Djamil

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!