BERITA

Banggar DPR Setujui Pemangkasan Anggaran di Tiga Kemenko

"Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) menyetujui rencana pemangkasan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016 oleh tiga kementerian koordinator."

Dian Kurniati

Banggar DPR Setujui Pemangkasan Anggaran di Tiga Kemenko
Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kanan) bersama Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki (kanan), Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kedua kiri) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyida

KBR, Jakarta - Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) menyetujui rencana pemangkasan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016 oleh tiga kementerian koordinator, yakni Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Kemaritiman, serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Ketua Banggar, Kahar Muzakir mengatakan, penyetujuan itu langsung diambil karena tidak mendapat penolakan dari semua anggota Banggar.

"Kata Bapak-bapak yang ahli di depan itu, kalau kita diskusi itu tematis, itu akademis, temanya itu anggaran, dan anggaran itu kata orang angka. Oleh karena itu, Bapak-bapak di depan mengatakan angka, dan tadi tidak ada yang keberatan, apa bisa kita sahkan? (Setuju) Setuju? (Setuju)," kata Kahar sambil mengetok palu tiga kali di komplek Parlemen, Senin (13/06/16).


Kahar mengatakan, pemangkasan anggaran oleh ketiga kemenko itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan prioritas masing-masing. Sehingga, kata dia, Dewan tidak mengkhawatirkan ada program kerja yang terhambat karena pemangkasan anggaran. Mengenai Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang belum menyampaikan pemangkasan anggaran, kata Kahar, rapat kerjanya akan dijadwalkan kembali.


Pada rapat kerja itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengusulkan pemangkasan anggaran 15 persen. Sebelum pemotongan, anggaran untuk Kemenko Perekonomian sebesar Rp 361,614 miliar ditambah anggaran titipan dari Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) sebesar Rp 41,3 miliar menjadi Rp 401,6 miliar. Sehingga, saat dipangkas Rp 42,3 miliar, anggaran pada pagu APBNP 2016 untuk Kemenko Perekonomian menjadi Rp 359,21 miliar.


Sementara itu, Menteri Kemaritiman Rizal Ramli mengusulkan pemangkasan untuk kementeriannya 17,2 persen. Dia berujar, sebelum dipangkas anggaran untuk Kemenko Kemaritiman sebesar Rp 500 miliar, sehingga sekarang ini nilai pagu APBNP 2016 menjadi Rp 414,1 miliar.


Adapun Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengusulkan pemangkasan untuk kementeriannya sebesar 19,5 persen. Puan mengatakan, sebelum pemangkasan, anggaran untuk Kemenko PMK sebesar Rp 487,4 miliar. Sehingga, saat dipangkas Rp 95,3 miliar, nilai pagu Kemenko PMK menjadi Rp 392,1 miliar.




Editor: Quinawaty Pasaribu 

  • pemangkasan anggaran
  • APBN 2016
  • Banggar DPR
  • APBNP2016

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!