Waduk Jatigede Mulai Diairi 1 Agustus

Proyek tersebut belum terealisasi sejak jaman Soekarno.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 18 Jun 2015 21:26 WIB

Author

Erric Permana

Waduk Jatigede Mulai Diairi 1 Agustus

Ilustrasi irigasi. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Pemerintah menargetkan Waduk Jatigede mulai diairi pada 1 Agustus mendatang.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran pembebasan lahan sekitar Rp 740 miliar.

Menurut dia, ada dua kelompok yang akan mendapatkan anggaran. Yakni lahan pengganti dan rumah yang dibayar tunai sekitar 4.500 kepala keluarga, serta kelompok yang sudah diberikan dana pembebasan tanah. 


Namun, masih tinggal di daerah tersebut akan diberi santunan sebanyak 6.400 kepala keluarga.

"Yang paling pokok itu yah Waduk Jatigede untuk air bersih, tenaga listrik. Dan yang lainnya pariwisata, perikanan itu menyusul. Yang penting kita siapkan dahulu yah," ujarnya di Kantor Presiden, Kamis (18/06/2015).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pembebasan lahan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat segera diselesaikan. Sebab, proyek pembangunan tersebut belum terealisasi sejak jaman Presiden Soekarno.
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme