Wabah MERS, Menkes: Jemaah Haji Dilarang Berfoto dengan Unta

"Untuk haji kita meminta untuk waspada. Karena virus bisa terkena kepada yang usianya lebih tua karena lebih ringkih. Dan terakhir dilarang foto-foto sama Unta."

BERITA , NASIONAL

Minggu, 21 Jun 2015 14:47 WIB

Author

Rafik Maeilana

Wabah MERS, Menkes: Jemaah Haji Dilarang Berfoto dengan Unta

Ilustrasi Virus MERS. Foto: Antara

KBR, Bogor - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta calon jamaah haji Indonesia waspada wabah MERS. MERS merupakan virus yang berasal dari kawasan timur tengah salah satunya Saudi Arabia.

Meski begitu, ia mengaku hingga saat ini belum ada kasus MERS yang masuk Indonesia. Namun pihaknya tetap akan melakukan tindakan pencegahan agar virus pernafasan itu tidak masuk. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya mengimbau agar para calon jamaah haji agar berhati-hati.

"Untuk haji kita meminta untuk waspada. Karena virus bisa terkena kepada yang usianya lebih tua karena lebih ringkih. Lalu perilaku hidup bersih, seperti cuci tangan lebih sering dan kita minta mereka semua pakai masker," katanya usai acara peresmian katarak centre di Klinik Hasri Ainun Habibie, Jalan Seumeru, Kota Bogor, Minggu (21/6/2015).

"Lalu menjauhi rumah sakit yang ada MERSnya dan terakhir dilarang foto-foto sama Unta. Sudah dilarang, enggak ada foto sama Unta lagi," tambahnya.

Nila F Moeloek menjelaskan, untuk mencegah masuknya Virus MERS dari wisatawan, pihaknya tetap memfungsikan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada. "Tetap kita minta KKP berfungsi, di-scaner kalau ada yang panas harus segera dilaporkan. Karena kalau ada temuan seperti itu, harus diobservasi dulu selama 14 hari," jelasnya.


Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18