BERITA

Sofyan Djalil: RAPBN 2016 Prioritaskan Infrastruktur

"Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan permohonan penambahan anggaran dari sejumlah kementerian tidak sepenuhnya bisa diakomodir."

Aisyah Khairunnisa

Sofyan Djalil: RAPBN 2016 Prioritaskan Infrastruktur
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Sofyan Djalil. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan Rancangan APBN 2016 dari pemerintah akan fokus pada program prioritas, terutama infrastruktur. Misalnya pembangunan infrastruktur waduk dan jalan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan infrastruktur laut serta kemaritiman oleh Kementerian Perhubungan.

Kata Sofyan, permohonan penambahan anggaran dari sejumlah kementerian tidak sepenuhnya bisa diakomodir.

“Apa yang diminta oleh kementerian itu tidak bisa sepenuhnya dipenuhi pada tahun ini. Tapi amplop besarnya sudah ada dibagi pada masing-masing kementerian. Pak presiden katakan tidak ada tambahan. Sehingga dana yang ada akan diprioritaskan pada program-program prioritas,” kata Sofyan selepas sidang kabinet paripurna, Senin (15/6/2015).

Sofyan menambahkan, draf hasil sidang kabinet paripurna yaitu Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) akan segera disiapkan untuk dilaporkan kepada DPR. 

Sebelumnya sejumlah kementerian tercatat mengajukan tambahan anggaran untuk anggaran tahun depan. Misalnya Kementerian Pariwisata, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP sendiri meminta tambahan hingga Rp 30 triliun untuk menambah kapal pengawasan dan kapal tangkap.



Editor: Quinawaty Pasaribu
  • Menko
  • Perekonomian
  • Sofyan
  • prioritas
  • Infrastruktur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!