Reshuffle: Jokowi Diminta Pilih Profesional

Cendekiawan senior Syafii Maarif memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait perombakan (reshuffle) kabinet.

BERITA | NASIONAL

Senin, 29 Jun 2015 16:58 WIB

Author

Aisyah Khairunnisa

Reshuffle: Jokowi Diminta Pilih Profesional

Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Cendekiawan senior Syafii Maarif memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait perombakan (reshuffle) kabinet. Ia menyampaikan pada Jokowi agar memilih menteri baru yang betul-betul profesional dan tidak menjadi beban presiden. Kata Syafii, akan sulit jika presiden merombak menteri dari partai politik. Karena Jokowi bukan ketua umum partai.

"Jadi tadi saya sampaikan kepada presiden, carilah para pembantu yang punya pandangan jauh ke depan. Saya lihat isyaratnya ya (untuk reshuffle). Tapi saya tidak mau mendahului," kata Syafii di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (29/6/2015).

Syafii mengatakan, perombakan kabinet bukan keinginan Jokowi. Melainkan kebutuhan karena sejumlah menteri, khususnya di bidang ekonomi, tak berkinerja baik. Hal ini, kata Syafii, terlihat dari penurunan harga produk domestik seperti karet, sawit, dan tambang.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Travel Advisory Amerika Jadi Refleksi?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11