BERITA

Polri : Simpulan Tim Novel Melebar dari Gugatan

"Besok sidang digelar dengan agenda putusan. "

Stefanno Reinard Sulaiman

Polri : Simpulan Tim Novel Melebar dari Gugatan

KBR, Jakarta - Tim Kuasa Hukum Polri menilai isi simpulan Tim Hukum Novel melebar dari yang digugat. 

Kuasa Hukum Polri, Ricky Sitohang mengatakan seharusnya tim hukum Novel fokus kepada perkara penangkapan dan penahanan saja, tidak perlu sampai kepada penyitaan dan penggeledahan. 

"Kita tahu di praperadilan 37 tentang tidak sahnya penangkapan dan penahanan. Nah ternyata tadi dalam kesimpulan sampai masuk ke penggeledahan dan penyitaan berbeda dengan substansi yang diharapkan. Kalau sepeti itu kenapa ada praperadilan 44, kenapa tidak sekaligus saja, penangkapan penahanan, penyitaan dan penggeledahan," kata Ricky usai sidang praperadilan Novel di PN Jaksel, Senin (8/6/2015). 


Sebelumnya, dalam sidang, Tim Hukum Novel menyampaikan sejumlah hal terkait penyitaan dan penggeledahan. Salah satunya adalah peristiwa saat penangkapan pada 1 Mei lalu, penyidik Polri naik hingga ke lantai 2 tanpa diminta oleh Novel. Muji menilai hal ini sudah termasuk dalam penggeledahan oleh karena itu saling berkaitan dan perlu dijadikan analisis. 

Menanggapi komentar tersebut, Muji mengatakan justru pihak Kepolisian yang melakukan pelebaran substansi. Ia merujuk pada Berita Acara Pemeriksaan Kasus Novel yang dijadikan bukti pada sidang minggu lalu, Rabu (3/6/2015). Menurut dia, hal tersebut sudah melenceng dari kompetensi praperadilan. 

Sebagai informasi, Hakim Ketua Zuhairi memutuskan untuk melanjutkan sidang pada besok, Selasa (9/6/2015) pukul 15.00 WIB, dengan agenda putusan. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Sidang Praperadilan Novel Baswedan
  • Novel Baswedan
  • Praperadilan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!