BERITA

Pesawat Hercules Jatuh, Komisi I : Indonesia Harus Berani Tolak Barang Hibah

"Komisi Pertahanan dan Intelijen DPR-RI desak pemerintah untuk tidak lagi terima apapun termasuk alat persenjataan yang bersifat hibah dari negara sahabat."

Ade Irmansyah

Pesawat Hercules. Foto: Antara
Pesawat Hercules. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Komisi Pertahanan dan Intelijen Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) mendesak pemerintah untuk tidak lagi menerima apapun termasuk alat persenjataan yang bersifat hibah dari negara sahabat. Pasalnya menurut Anggota Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR, Ahmad Muzani, pemerintah terkesan lebih mengorbankan anggota TNI dan masyarakat apabila menerima pesawat hibah dari negara lain. Kata dia hal itu terbukti dengan seringnya pesawat hasil hibah mengalami kecelakan dan memakan korban.

“Sudahlah kita tidak usah terima hibah-hibah dari negara manapun dengan alat apapun baik itu persenjataan maupun pesawat. Kita harus beli baru supaya kita bisa mencatat record dari sistem dari pesawat itu. Dananya memungkinkan, dananya ada, meski dananya itu tidak maksimal, tetapi itu tidak bisa menjadi alasan bahwa dana yang tidak cukup terus tidak bisa membeli peralatan yang maksimal. Sehingga sekali lagi bahwa kita harus membangun sistem persenjataan kita dengan dana dan kemampuan yang kita miliki,” ujarnya kepada wartawan di kantor Komisi Intelijen DPR.

Anggota Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR, Ahmad Muzani menambahkan, pihaknya juga bakal menginstruksikan kepada kepala Staf TNI Angkata Udara untuk memeriksa semua semua sistem persenjataan dan pesawat yang dimiliki oleh Indonesia. Tujuannya kata dia, agar terdata mana yang masih layak dan mana yang sudah tidak layak.


Sebelumnya, Pesawat militer milik TNI AU berjenis Hercules jatuh di Medan Sumatera Utara. Pesawat yang mengangkut logistik tersebut jatuh di sekitar Jalan Jamin Ginting, Kawasan Simpang Sima Lingkar, Medan, Sumatera Utara. Menurut Juru Bicara TNI Fuad Basya, pesawat itu jatuh sekitar pukul 12 siang tadi. Saat ini, tim investigasi diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat.

Editor: Rony Sitanggang

  • pesawat hibah hercules
  • pesawat hercules jatuh
  • kecelakaan pesawat
  • Anggota Komisi Intelijen dan Pertahanan DPR
  • Ahmad Muzani

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!