Perludem: Meski 1 Petugas PPL, Pengawasan Pilkada Tetap Kuat

Meski 1 desa kini hanya 1 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), Perludem sebut pengawasan Pemilu di desa tidak akan melemah.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 20 Jun 2015 15:31 WIB

Author

Rio Tuasikal

Ilustrasi kotak suara pemilihan kepala daerah. Foto: Antara

Ilustrasi kotak suara pemilihan kepala daerah. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyebut pengawasan Pemilu di desa tidak akan melemah meski 1 desa kini hanya 1 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Direktur Perludem, Veri Junaidi, mengatakan 1 PPL akan dibantu pengawas TPS yang kini diperbanyak. Sehingga pengawasan akan tetap kuat.

"Akan ada pengawas TPS yang akan membantu PPL," jelas Veri ketika dihubungi KBR, Sabtu (20/6/2015) siang. 

"Kalau dilihat dari jumlah, meski di tingkat desa lebih sedikit, tapi personel pengawasan lebih banyak, karena di situ ada pengawas di tingkat TPS," pungkasnya.

Direktur Perludem, Veri Junaidi menambahkan, rekrutmen PPL harus sangat memperhatikan independensinya. Dia mengingatkan jangan sampai orang yang dekat dengan calon tertentu jadi pengawas.  Pasalnya hal ini banyak terjadi di pilkada-pilkada sebelumnya.

Badan Pengawas Pemilu membuat aturan baru soal ketentuan jumlah PPL. Sebelumnya, jumlah PPL ditentukan dari luas desa. Sehingga desa yang luas bisa memiliki 5 PPL. Namun kini, 1 desa berisi 1 PPL.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Australia Bersiap Hadapi Hari Terpanas dalam Sejarah

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19