BERITA

Pengganti Moeldoko Harus Mampu Terjemahkan Poros Maritim Jokowi

"Mengingat perkembangan lingkungan strategis yang sangat menekankan persoalan maritim."

Khusnul Khotimah

Pengganti Moeldoko Harus Mampu Terjemahkan Poros Maritim Jokowi
Ilustrasi poros maritim. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Pengamat militer, Anak Agung Banyu Perwita menyarankan Presiden Jokowi agar memilih pengganti Panglima TNI, Moeldoko dengan sosok yang mampu menerjemahkan konsep poros maritim dalam bidang pertahanan. Menurut dia, persoalan maritim lima hingga sepuluh tahun ke depan menjadi isu strategis bagi Indonesia.

“Ketika Panglima TNI mampu menerjemahkan poros maritim presiden dalam konteks pertahanan, saya pikir ini yang dibutuhkan lima hingga 10 tahun ke depan. Mengingat perkembangan lingkungan strategis yang sangat menekankan persoalan maritim,“ kata Pengamat militer, Anak Agung Banyu Perwita kepada KBR, Selasa (2/6/2015).


Selain itu, Panglima TNI harus mampu menyatukan soliditas antarelemen di tubuh TNI.

Masa jabatan Panglima TNI, Moeldoko akan segera berakhir pada Juli 2015. Presiden Jokowi sudah harus mengajukan nama calon panglima TNI yang baru ke DPR pada Juni 2015. Setelah itu Komisi Pertahanan DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tersebut.


Editor: Damar Ferry

  • Moeldoko
  • Panglima TNI
  • Poros
  • Maritim
  • militer

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!