BERITA

Pemerintah Ubah Strategi Hadapi Erupsi Sinabung Hingga 2019

Erupsi gunung Sinabung. Foto: Antara
Erupsi gunung Sinabung. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Pemerintah menilai bencana erupsi Sinabung diperkirakan akan terus berlangsung hingga 5 tahun kedepan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, untuk menghadapi itu pemerintah tengah menyiapkan strategi penanganan bencana untuk jangka waktu yang lama. 

"Apa-apa saja yang baru itu misalnya, harus dengan zonasi berdasarkan prinsip2 mitigasi kebencanaan. Kemudian seluruh aspek harus masuk mulai dari bagaimana mengungsikan, bagaimana hunian sementara dan bagaimana tempat rekonstruksi permanen dilakukan, penyiapan lokasi disiapkan, semua dilakukan simultan," kata Siti di halaman Sekretariat Negara, Selasa (30/6/2015)

Siti menambahkan, butuh modifikasi dari aturan dan kelembagaan yang selama ini diterapkan oleh pemerintah untuk menangani Sinabung. Hal ini dibicarakan dalam rapat bersama Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto yang selama dua hari lalu meninjau Sinabung. Selain itu hadir pula Kepala Badan Geologi yang juga ahli gunung berapi, Surono.

Menurut data Surono dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, erupsi Sinabung akan terus terjadi namun tidak terlalu dahsyat. Karakter bencana Sinabung ini relatif berbeda dengan erupsi gunung lain yang biasanya besar dan cepat.

"Kedahsyatannya sepersepuluh (Gunung) Merapi, tapi keseterusannya bisa sampai 5 tahun," kata Siti.

Penanganan Sinabung selanjutkan dibawa ke rapat kabinet terbatas  untuk mendapat arahan Presiden Joko Widodo pada hari Kamis mendatang.

Editor: Dimas Rizky

  • erupsi sinabung
  • penanganan bencana
  • Surono dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
  • Sinabung akan kontinu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!