Pemerintah Akan Berikan Subsidi Langsung untuk Angkutan Umum di Musim Mudik

Besaran subsidi langsung masih dihitung.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 20 Jun 2015 19:51 WIB

Author

Yudi Rachman

Ilustrasi suasana mudik. Foto: Antara

Ilustrasi suasana mudik. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Pemerintah akan menerapkan pola subsidi langsung untuk angkutan umum yang mengangkut pemudik. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Eddi mengatakan, kebijakan yang sedang digodok itu akan memberikan subsidi langsung kepada pengusaha angkutan umum. Besaran subsidi langsung masih dihitung.

Kata Eddi, nantinya angkutan umum yang disubsidi tidak akan bergantung dari pemasukan penumpang. Penerapan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum kepada masyarakat di musim mudik.

"Dari segi waktu terutama karena dia belum by service, belum kita jamin dan belum kita subsidi. Sehingga kalau sepi dia tunggu ngetem, sehingga masyarakat tidak nyaman. Kita sudah naik, nunggu lama kalau dengan by servis, kita berikan subsidi," kata Eddi, Sabtu (20/6/2015)

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Eddi menambahkan, kebijakan baru itu secepatnya akan dilaksanakan. 

"Kosong mau pun isi tetap berangkat kita bayar, pemerintah yang bayar. Karcis masuk ke pemerintah. Kalau penumpang cuma lima kan rugi, ya tidak apa-apa, pemerintah yang jamin. Tetapi pemberian subsidi ini tidak bisa diberikan kepada angkutan umum milik perorangan, harus berbadan usaha atau berbadan hukum," jelasnya.

Namun kata dia, kebijakan itu tidak akan dilakukan di musim mudik tahun ini karena terkait kebijakan anggaran dan sosialisasi kepada pengusaha angkutan umum berbadan hukum.   

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18