BERITA

Operasi Pasar, Jokowi: Yang Permainkan Harga, Saya Kejar!

" Hari ini Jokowi meresmikan operasi pasar sebesar 300 ribu ton beras, 25 ribu ton gula pasir di Cimahi, Jawa Barat."

Aisyah Khairunnisa

Operasi Pasar, Jokowi: Yang Permainkan Harga, Saya Kejar!
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan pemerintah pusat maupun daerah untuk menggelar operasi pasar demi mengendalikan harga kebutuhan pokok. 

Hari ini Jokowi meresmikan operasi pasar sebesar 300 ribu ton beras, 25 ribu ton gula pasir di Cimahi, Jawa Barat. Menurut data dari Pemprov Jawa Barat, bulan lalu angka inflasi mencapai 0,4%. Menurutnya, jika operasi pasar gencar dilakukan maka stok pangan akan cukup dan para spekulan akan sulit mengendalikan harga.

“Ya kalau ini sudah disuplai pasokannya ya mau mainin harganya seperti apa? Kalau barangnya nggak ada mereka main-main. Tapi kalau barangnya ada, mau main apanya? Oleh sebab itu saya tegaskan jangan ada yang bermain-main harga. Pasti saya kejar!” kata Jokowi di Komplek Pergudangan Utama BULOG, Cimahi, Jawa Barat, Senin (15/6/2015).

Jokowi menambahkan, pelaksanaan operasi pasar murah memprioritaskan kabupaten/kota yang sudah meminta adanya operasi pasar. Ini lantaran kenaikan harga barang-barang pokok tidak terjadi di seluruh daerah. Jokowi menegaskan, stok bahan pokok seperti beras, gula, daging dan bawang merah aman hingga lebaran. 

Hari ini Jokowi juga menggelar video conference dengan petugas dari Perum Bulog di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan yang juga sedang menggelar operasi serupa. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • operasi
  • pasar
  • harga
  • pokok
  • sembako

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!