BERITA

Mimpi Menkes: Masyarakat Mampu Tes Sendiri Kualitas Makanan

"Menteri Kesehatan Nila Moeloek berencana mengembangkan teknologi untuk mengecek kualitas makanan secara singkat."

Stefanno Reinhard

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek. Foto: Antara
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Menteri Kesehatan Nila Moeloek berencana mengembangkan teknologi untuk mengecek kualitas makanan secara singkat. Untuk merealisasikan program tersebut, ia bakal menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Apabila program ini berhasil, masyarakat diharapkan bisa mengetes sendiri bahan-bahan yang terkandung dalam makanan.

“Saya tadi mengusulkan apakah mungkin pengecekkan ini bisa dilakukkan di restoran lah kita mulai, jadi yang mau makan bisa mengerjakan apakah ini mengandung zat pengawet atau tidak. Kalau bisa saya ingin nanti ada teknik yang lebih canggih seperti periksa gula darah masukin sedikit dengan stiker kalau kelihatan merah jangan dimakan ini,” jelas Nila dalam acara Apel Siaga Kesiapan Bidang Kesehatan Mudik Lebaran di Kemenkes, Jakarta, Selasa (30/6/2015).


Ia menambahkan, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memeriksa apakah sebuah makanan mengandung bahan pengawet atau tidak. Ia memberi contoh pemeriksaan tersebut selama ini dilakukan dengan mencampur makanan dengan zat tertentu sampai menunjukkan warna, jika merah maka mengandung pengawet. Namun, hingga saat ini, kata dia belum ada teknik pengecekkan yang lebih cepat sehingga masyarakat belum bisa melakukanya sendiri.

Editor: Dimas Rizky

  • cek kualitas makanan
  • tes makanan
  • alat tes makanan
  • nila moeloek

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!