BERITA

Menteri PU: Dana Talangan Lapindo Cair Jumat ini

"Hari ini rencananya Presiden Joko Widodo akan menandatangani peraturan presiden (perpres) terkait dana talangan tersebut. "

Menteri PU: Dana Talangan Lapindo Cair Jumat ini
Lumpur Lapindo. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan dana talangan untuk ganti rugi Lapindo sudah disepakati. Hari ini rencananya Presiden Joko Widodo akan menandatangani peraturan presiden (perpres) terkait dana talangan tersebut. Jika sudah ditandangani, maka ia bisa segera meneken perjanjian dan mencairkan dana talangan pada 26 Juni 2015.

“Saya laporkan (kepada presiden), sudah bisa saya tandatangani (perjanjiannya) setelah perpres-nya keluar. Kalau nanti hari ini (Senin) ditandatangani (perpres-nya), Rabu akan saya tandatangani. Karena sekarang saya edarkan kepada seluruh tim percepatan untuk mendapat koreksi. Karena kalau rapat lagi terlalu susah, jadi saya edarkan. Saya tunggu besok sampai jam 2 masukannya. Kalau ada masukan di draft perjanjian itu,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (22/6/2015).

Basuki menambahkan, pencairan rencananya akan langsung diberikan kepada warga melalui rekening BNI. Total dana yang akan dikucurkan pemerintah kepada PT Minarak Lapindo Jaya sebesar Rp 827 miliar. Diantaranya dana ganti rugi untuk warga yang mencapai Rp 781 miliar. Kata dia, pihak Lapindo sudah sepakat dana talangan akan dikenakan bunga 4,8% per tahun. 


Editor: Rony Sitanggang

  • dana talangan Lapindo
  • Dana cair
  • Perpres Lapindo
  • Ganti rugi Lapindo
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!