BERITA

Masih Banyak Penyelundupan Ikan, DPD Nilai Menteri Susi Kurang Dukungan

"Wakil Ketua DPD, GKR Hemas menilai ini berdampak pada banyaknya temuan penyelundupan ikan ke luar negeri, seperti di Maluku dan Sumatera Utara."

Masih Banyak Penyelundupan Ikan, DPD Nilai Menteri Susi Kurang Dukungan
Wakil Ketua DPD, GKR Hemas. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menilai upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberantas penyelundupan ikan kurang mendapat dukungan dari kementerian lain dan aparat hukum. Wakil Ketua DPD, GKR Hemas menilai, ini berdampak pada banyaknya temuan penyelundupan ikan ke luar negeri, seperti di Maluku dan Sumatera Utara. Akibatnya, warga justru harus mengimpor hasil laut dan perikanan.

"Kementeriannya Ibu Susi ini belum didukung kementerian atau aparat yang lain. Fokus kami, di Maluku itu, luar biasa penyelundupannya, termasuk juga di Sumatera Utara, itu kita betul-betul menjadi warga negara yang mengkonsumsi ikan kita, tapi semua ikan impor jadinya, padahal itu ikan kita," kata GKR Hemas di Dewan Pers, Senin (22/6/2015).


Wakil Ketua DPD, GKR Hemas menambahkan, potensi laut Indonesia yang melimpah belum mampu dioptimalkan oleh pemerintah. Di sisi lain, konsumsi dan daya beli masyarakat terhadap hasil perikanan juga masih rendah.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • potensi laut
  • KKP
  • Menteri Susi
  • penyelundupan ikan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!