BERITA

KPU Klaim Tinggal 1 Daerah yang Belum Tandatangan Anggaran

Ilustrasi Foto: Antara

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat mengklaim hanya tinggal satu daerah yang belum menandatangani anggaran pelaksanaan pilkada serentak 2015. Anggota KPU Ferry Kurnia mengatakan, satu daerah itu adalah Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Ini lantaran Bupati Sumba Barat dinonaktifkan karena tersangkut kasus hukum. Namun Ferry yakin Plt Bupati Sumba Barat esok akan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD).

"Informasi terakhir yang kami dapatkan itu tinggal Sumba Barat, NTT. Tadi saya sudah bertemu dengan Pak Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, beliau mengatakan kalau besok Insya Allah akan ditandantangani NPHD-nya," kata Ferry saat dihubungi KBR, Selasa (2/6/2015).


Ferry menambahkan, daerah lain yang ramai diberitakan belum menandatangani NPHD-nya, sudah meneken anggarannya hingga hari ini. Misalnya belasan kabupaten di Sulawesi Selatan. Kata Ferry, jika esok Sumba Barat jadi meneken pencairan anggaran, maka tahun ini pilkada serentak bisa dilakukan.

Sebelumnya pada 27 Mei lalu KPU sudah mengeluarkan surat edaran. Isinya menyatakan bahwa KPU akan mengusulkan penundaan pemilihan pasangan kepala daerah ke 2017 jika sampai 3 Juni daerah tersebut belum menandatangani NPHD. 

Editor: Malika

  • KPU
  • pilkada serentak
  • NPHD
  • Naskah Perjanjian Hibah Daerah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!